Search

7 Tips Menabung untuk Menikah


"Headhunter siap membantumu cari kerja untuk nabung dana pernikahan!"

Mau nabung buat nikah? Ketemu lagi di artikel Kessler, jobseekers! Meski sibuk kerja dan cari pakai jasa Recruiter, jangan lupa membina percintaan! Tahu-tahu bisa ke pelaminan, lho?


Topik Menarik: Attitude Lebih Penting Dari Skill!


Banyak yang nabung buat nikah sambil kerja, tapi itu sulit. Berikut kami bagikan 7 tips menabung untuk menikah!

7 Tips Menabung untuk Menikah


1. Diskusi Dengan Pasangan

Urusan menabung buat menikah bukan tanggung jawab pihak laki-laki atau yang kaya saja. No, urusan menabung dana pernikahan adalah tanggung jawab kedua pasangan!


Sejak awal, berdiskusilah dengan pasanganmu soal niat menikah, lalu bicarakan bagaimana kalian akan membagi tugas.


Yang satu bekerja, yang satu mengurus rumah sambil usaha rumahan. Kalian juga bisa mencicil keperluan pernikahan, mulai investasi, dsb. Tentukan juga tanggalnya; 6 bulan lagi? Tahun depan?


Untuk itu, sangat penting untuk bicara dari hati ke hati antar pasangan agar saling membantu!


2. Buat Rekening Khusus Nikah

Setelah membuat kesepakatan, saatnya memulai tabungan nikah!


Buat rekening khusus untuk dana pernikahanmu, yang bebas dari biaya kehidupan sehari-hari maupun tabungan pribadi masing-masing.


Biar sedikit isinya, gapapa; kumpulkan tabungan nikah ke rekening itu sedikit-sedikit. Yang rajin menabung dan tidak menyentuh rekening itu kecuali darurat!


3. Cicil Kebutuhan Nikah Dari Sekarang

Begitu persiapan rekening dan rencana beres, saatnya mencicil keperluan nikah!


Gak perlu langsung yang besar seperti rumah atau cincin kawin, tapi dari yang kecil seperti gaun pengantin dan tuxedo. Biar hemat, carilah tempat penyewaan yang murah tapi bagus!


Untuk undangan, apa perlu mengundang teman atau saudara jauh? Mungkin keluarga dekat cukup? Aula pernikahannya tidak perlu mewah, yang penting bersih dan cukup untuk tamu.


Hubungilah teman, rekan kerja, dan kerabat untuk mencari info tempat-tempat murah agar menghemat biaya!


4. Tingkatkan Etos Kerja dan Bisnis

Begitu banyak hal yang perlu disiapkan untuk perkawinan kamu dan pasangan! Agar semuanya lancar, perlu banyak uang untuk mencicil dan ditabung!


Saatnya tingkatkan etos kerja kamu di kantor; datanglah lebih pagi dan kerja larut kalau perlu. Siapa tahu kamu bisa naik gaji atau jabatan, dan lebih mudah mengisi tabungan nikah!


Cari sumber pemasukan lain sebisa mungkin; seperti kerja part-time atau investasi. Perlu belajar, tapi bisa jadi alternatif dana tabunganmu!


5. Kurangi Kencan dan Liburan

Karena sekarang fokus nabung, saatnya kurangi belanja atau kencan!


Toh kamu sudah serius bakal nikah, jadi gak perlu dinner date tiap weekend. Tabung dana hangout kamu sama pasangan atau teman buat rekening nikah!


Sekali-kali jalan-jalan buat refreshing boleh, tapi jangan kelewat mewah ya. Nabung lebih penting!


6. Hidup Hemat

Bicara soal hemat, mengurangi belanja dan hangout gak cukup! Sesuaikan menu makanan, transportasi, dan aspek lain kehidupanmu agar tidak boros


Makan cukup 2 kali sehari, mobil bisa dijual dulu karena belum punya anak; sekarang cukup motor atau kendaraan umum. Hentikan juga khilaf belanja gak penting!


7. Menikah Sesuai Budget

Saat tabungan mulai terkumpul, jangan tergoda untuk menggelar resepsi besar nan mewah!


Sesuaikan dengan budget dan tamu undangan. Kalau reservasi sedang atau kecil cukup, gak perlu lebih! Kamu masih harus memikirkan biaya konsumsi dll lho, jadi jangan kebablasan!

Sekian 7 tips menabung untuk menikah! Semoga dengan menabung bersama, kehidupan pernikahan kalian bareng pasangan bakal langgeng!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search sekarang untuk kesempatan karir di bidang yang kamu suka!


Sumber: cermati.com

32 views0 comments

Recent Posts

See All