Search

7 Tips Interview Kerja Untuk Fresh Graduate


"Fresh Graduate pun bisa dapat pekerjaan bagus dari Headhunter dan Recruiter!"

Fresh graduate bisa lulus interview dengan tips ini! Buat kamu fresh graduate yang sibuk cari kerja di masa new normal dengan bantuan Headhunter dan Recruiter, pastinya senang begitu dapat undangan wawancara! Tapi senangnya sesaat, karena selanjutnya kamu takut gak lolos! Gimana nih??


Baca Juga: Awas, ada Pertanyaan Jebakan Pas Interview!


Jangan takut, ada cara supaya kamu siap fisik dan mental untuk interview. Mungkin kamu fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, tapi bukan berarti jadi sulit lolos! Berikut 7 tips interview kerja untuk fresh graduate!

7 Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate


1. Cari Info Perusahaan

Tentunya kamu sudah tahu soal perusahaan yang kamu lamar, tapi gak ada salahnya belajar lebih! Periksa situs perusahaan dan pelajari produk, layanan, partner bisnis, dll mereka.


Selain jadi mengenal perusahaan lebih baik, juga mencegah kamu sulit mengikuti penjelasan HRD atau bertanya terlalu banyak saat interview.


2. Belajar Pertanyaan Interview

Banyak buku serta artikel tentang jenis-jenis pertanyaan yang sering muncul saat interview di internet. Pelajari, jadi kamu bisa menyiapkan jawaban terlebih dulu, dan tidak kaget saat ditanya nanti.


3. Makan dan Istirahat yang Cukup

Salah satu kesalahan utama calon karyawan sebelum interview adalah panik sendirian. Mereka gak bisa istirahat dan makan dengan benar, apalagi saat hari interview semakin dekat.


Akibatnya, pas hari H interview bawaannya ngantuk, capek, tegang, otomatis gagal! Supaya gak gini, kamu harus tenang. Belajar secukupnya, makan yang benar, dan tidur cukup seperti hari biasa.


Rasa tegang pasti ada, apalagi karena belum pengalaman! Tapi jangan sampai berlebihan dan merusak kesehatan kamu, nanti malah gak bisa datang karena sakit.


4. Pakaian Rapi dan Sopan

Untuk interview kerja, tentunya pakaian harus rapi dan sopan! Walaupun perusahaan yang kamu lamar itu gak menerapkan aturan baju formal, tapi harus tahu batasan.


Pakai baju berlengan (jangan kaus kutang), celana panjang atau minimal melebihi lutut, sepatu bersih, rambut disisir rapi, isi tas tidak berhamburan, aksesoris minim.


5. Bahasa Tubuh yang Baik

Fresh graduate gak punya pengalaman, jadi setiap hal kecil akan lebih terlihat bagi HRD. Karena itu saat duduk wawancara nanti, pastikan bahasa tubuhmu baik!

"Bahasa tubuh yang baik (paling kanan) sangat penting agar diterima HRD!"

Duduk tegak, tapi tetap santai. Pandangan lurus, mengarah ke mata si pewawancara, tapi jangan melotot. Istirahatkan tangan di pangkuan kaki, jangan diangkat atau bergerak gak jelas. Mungkin nanti kamu merasa gatal, tapi tahan dulu.


6. Bicara Jelas dan Tegas

Saat menjawab pertanyaan HRD dan menjelaskan tentang diri kamu, bicaralah dengan jelas. Volume suara sedang tanpa berteriak, tapi jangan kecil seperti berbisik.


Bicaralah dengan pede. Hindari kebiasaan bilang “Um,” atau “Eng,” tiap satu kalimat. Kalau ditanya sesuatu yang gak enak, jawablah biasa saja. Kalau harus menolak, tolaklah dengan tegas.


Jangan selalu mengiyakan pertanyaan HRD hanya karena kamu takut tidak lulus. Kamu bisa didesak untuk menerima gaji rendah atau dianggap penakut!


7. Bertanya Secukupnya

Calon karyawan yang baik harus bertanya soal pekerjaannya dan seputar perusahaan! Tanya hal yang belum kamu tahu dari poin 1 tadi di sesi akhir wawancara, tapi jangan berlebihan.


Tanyakan soal tugasmu, sistem perusahaan, jadwal kerja, dll. Ini sangat penting untuk fresh graduate, karena ini menunjukkan semangat kerja dan kesiapan belajar! Kurang pengalaman adalah kelebihanmu, karena kamu jadi haus akan pengalaman kerja nyata!

Demikian 7 tips interview kerja untuk fresh graduate! Gak jauh beda dari tips umumnya, tapi yang penting adalah jangan menganggap statusmu yang belum pengalaman sebagai kelemahan!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk dapat lowongan kerja yang cocok untuk fresh graduate seperti kamu! Jangan takut untuk memperbanyak pengalaman dan meniti karir!


Sumber: wolipop.detik.com

104 views0 comments

Recent Posts

See All