Search

7 Cara Usir Kantuk Saat Kerja


"Headhunter dan Recruiter paham kalau siapapun bisa ngantuk waktu kerja."

Hoam, ngantuk tapi kerjaan belum beres… Sering kan, merasa didera rasa kantuk dahsyat pas lagi kerja? Apalagi di masa new normal yang kerjaannya banyak work from home (kerja dari rumah). Karena kerjanya di rumah sendiri, posisi santai, dan minim pengawasan boss… maunya tidur mulu! Gimana, ya?


Baca Juga: Lamar Perusahaan Startup atau Korporat?


Biar keadaan lagi gini, bukan berarti kerjaan molor. Kasihan Headhunter dan Recuiter yang bantu kalian cari kerja! Pikirin juga HRD, manajer, dan boss yang bakal kerepotan kalau kamu tidur pas kerja (kalau mereka baik aja, hehe)!


Simak tips dari kami untuk mengusir kantus pas jam kerja berikut!

7 Cara Usir Kantuk Saat Kerja


Pahami Kalau ‘Ngantuk Pas Kerja’ Itu Wajar

Tips pertama mencegah kantuk adalah memasang pola pikir yang tepat! Mengantuk di kantor itu bukan berarti malas, tapi bisa jadi karena faktor lain: terlalu lama menatap monitor komputer, terlalu lama duduk, kurang minum / makan, dll.


Jadi, jangan merasa bersalah duluan! Nanti malah capek sendiri dan tambah ngantuk! Setelah paham kalau ngantuk di kantor itu wajar, fokuslah pada cara mengatasinya, seperti…


Kurangi Duduk

Sebenarnya penyebab umum kantuk adalah kekurangan oksigen! Bukan seperti tenggelam atau tercekik ya, tapi ini kondisi di mana otakmu bekerja begitu cepat sehingga paru-paru tidak bisa menarik oksigen secara maksimal.


Ini reaksi biologis, bukan karena kamu malas. Salah satu penyebab utamanya adalah kebanyakan duduk, jadi sekali-sekali berdiri dan berjalanlah.


Entah untuk mengambil air minum atau melakukan sesuatu, usahakan untuk mengurangi waktu duduk di meja kantor!


Tarik Nafas / Hirup Wangi Tajam

Kalau kamu belum bisa beranjak dari kursi (karena tidak ada keperluan atau masih sibuk), cobalah tarik nafas dalam-dalam (tanpa berisik ya) atau hirup wewangian tajam seperti minyak angin, minyak tawon, serta minyak kayu putih.


Tarik nafas dan wangi minyak akan menstimulasi hidungmu bernafas lebih baik dan mengusir kantuk! Bawalah 1 botol kecil minyak yang kamu sukai ke kantor, tapi jangan sampai wanginya menyebar dan menganggu orang lain ya.


Makan Siang Seperlunya

Salah satu penyebab kantuk lain adalah kebanyakan makan. Saat jam makan siang, pilihlah menu ringan seperti telur, roti, sup, atau sayur.


Hindari menu daging atau berlemak seperti nasi padang, ayam panggang, steak, dsb. Kalau mau banget, buat makan malam di rumah aja, ya!


Terangi Ruangan

Kalau cahaya ruangan remang-remang, mata akan cepat lelah dan bikin kamu ngantuk! Jangan takut untuk menggunakan 2 lampu atau lebih, selama tidak menyilaukan mata.


Cuci Muka

Salah satu kegiatan efektif saat kamu bisa berdiri dan tarik nafas dalah cuci muka. Selain membersihkan wajah dari debu yang menempel sejak pagi, juga akan membuat kamu segar lagi!


Minum Kopi (Cara Terakhir!)

Jurus pemungkas karyawan kantor kalau ngantuk saat kerja… MINUM KOPI! Pasti kamu sudah tahu, lalu bingung kenapa kami taruh cara ini paling akhir. Kenapa?


Karena minum kopi sangat efektif (langsung bangun abis minum) dan mudah dilakukan (seduh kopi instan cukup), kamu bisa jadi KETAGIHAN!

"HRD gak akan mau menyediakan 10 bungkus kopi tiap hari buat kamu, lho."

Akibatnya, setiap hari kamu minum kopi. Bahkan saat gak ngantuk pun, kamu merasa uring-uringan kalau gak minum kopi. Ini gejala kecanduan kafein!


Paham kan bahayanya, kalau tubuh ‘nagih’ minum kopi tiap hari, meski kamu gak ngantuk? Minum kopi di saat mendesak saja, pas gak ada jalan lain!

Sekian 7 tips mencegah kantuk saat kerja! Ada cara lain seperti ngobrol atau minum air, tapi cara yang paling baik adalah mencegah, yakni dengan tidur cukup, makan sehat, dan bangun pagi.


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja terbaru yang gak bikin ngantuk! Jaga pola tidur juga makan buat kesehatan diri dan karir kalian, guys!


Sumber: kompas.com

65 views0 comments

Recent Posts

See All