Search

6 Tips Hemat di Masa Pandemi


"Hemat di masa pandemi itu kunci dilirik Recruiter!"

Masa pandemi harus hemat! Banyak kesulitan di masa pandemi, tapi kerja dan cari kerja (pakai jasa Headhunter) jalan terus! Karena banyak keterbatasan untuk pergi keluar rumah, kamu berhemat sebaik mungkin!


Baca Juga: Tips Mengelola Bisnis Saat Pandemi!


Tentu gak ada artinya hemat tapi jadi stress, kan? Ikuti 6 tips hemat di masa pandemi berikut, biar hidup sehari-hari seimbang!

6 Tips Hemat di Masa Pandemi


1. Ubah Prioritas

Masa pandemi virus Corona masih berlanjut, jadi kamu harus mengubah pola pikir.


Semua pekerjaan memakai sistem work from home atau kerja di rumah aja, jadi uang transport untuk kendaraan umum atau bensin mobil dan motor tidak lagi jadi prioritas.


Sebaliknya, kebutuhan yang sebelumnya hanya sekunder atau tersier, sekarang jadi fokus utama!


Kebutuhan utama masa pandemi adalah laptop (atau komputer, tablet, dll), handphone, koneksi internet cepat, mouse, headset/earphone, dll agar proses kerja dari rumah berjalan lancar.


Prioritas lain adalah kebutuhan makan, minum, dan perlengkapan keluarga. Anak-anak dan orang dewasa perlu 2-3 masker untuk pemakaian setiap hari, usahakan bisa dicuci.


Kegiatan cuci baju, laundry, memasak, dsb juga terpengaruh, baik skala kecil ataupun besar. Pikirkan baik-baik apa yang keluargamu butuhkan dan tidak!


2. Delivery Saja

Kegiatan kerja atau aktivitas sehari-hari sekarang di rumah aja, jadi maksimalkan efeknya. Sebisa mungkin gak keluar, biar aman!


Untuk itu, manfaatkanlah layanan delivery makanan, minuman, laundry dan pengiriman barang. Gunakan aplikasi Grab dan Gojek untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa keluar rumah.


Selain demi mengurangi resiko kontak fisik, juga menghemat biaya perjalanan. Delivery memakai biaya ekstra, tapi biaya bensin dan rasa capek keluar sendiri lebih terasa.


3. Incar Diskon dan Promo

Supaya keperluan delivery berjalan lancar, incarlah diskon promo dari aplikasi yang kamu pakai. Kadang perlu beli paket tertentu, tapi lebih hemat!


Pilihlah paket diskon yang cocok denganmu, seperti diskon belanja, diskon makanan, dll. Satukan juga pesanan delivery, agar tidak terlalu banyak order.


Keperluan belanja tidak cukup hanya delivery, jadi sesekali pergilah belanja (patuhi protokol kesehatan!).


Baik ke pasar tradisional atau supermarket, incarlah menawar atau membeli barang diskon. Kalau perlu, gunakan kartu kredit yang ada promonya.


Banyak barang menumpuk dikenai diskon besar ala pandemi, jadi belanja langsung bisa untung besar! Tentu tidak boleh sering-sering, jadi carilah info dulu!


4. Kurangi Jajan dan Ngemil

Kalau dulu kamu dan keluarga punya jam ngemil atau uang jajan, hentikan atau kurangi.


Tabung uang jajan atau ngemil itu untuk keperluan lain yang lebih penting. Sehari makan 2 kali saja: pagi dan sore, untuk menghemat biaya makan.


Hindari pula khilaf belanja online, apalagi untuk barang yang gak terpakai di masa pandemi (sepatu, jas hujan, dll).


5. Berhenti Langganan Kurang Penting

Kamu bakal sibuk kerja dan bersih-bersih rumah seharian, jadi berhenti langganan yang tidak perlu.


Netflix? Berhenti atau ganti paket yang lebih murah. Koran? Lihat berita TV atau internet saja, biar hemat dan mengurangi sampah organik.


Sesuaikan juga paket internet laptop atau hape kamu untuk kerja online, bukan main game.


6. Mengembangkan Hobi

Biar gak stress di rumah terus, sekali-kali jalan-jalanlah ke mall atau tempat hiburan (patuhi protokol kesehatan!). DI luar itu, tekuni hobi yang cocok di rumah.


Misalnya merajut, berkebun, yoga, dll. Selain bikin semangat, juga mencegah kamu banyak jalan-jalan dan keluar uang gak perlu!

Sekian 6 tips hemat di masa pandemi! Tetap semangat biar di rumah aja, ya~


Kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search sekarang untuk lowongan kerja terbaru!


Sumber: liputan6.com

49 views0 comments

Recent Posts

See All