Search

6 Tanda Kamu Tidak Akan Diangkat Sebagai Karyawan Tetap


"Mana status 'pegawai tetap'-ku, HRD?"

Kapan gue jadi karyawan tetap!? Halo guys, masih rajin cari kerja lewat jasa Headhunter dan Recruiter? Mungkin sebagian dari kalian sudah kerja walaupun statusnya masih ‘pegawai sementara’, jadi kalian bisa tenang sedikit! …Atau tidak?


Wah, ternyata bisa jadi ini sinyal bahaya kalau kamu gak bakal dijadiin karyawan tetap! Apa saja ciri atau tandanya? Ayo baca bareng-bareng!

6 Tanda Kamu Tidak Akan Diangkat Jadi Karyawan Tetap

1. Pembicaraan Ditunda Mulu

Tanda awal kamu akan jadi karyawan tidak tetap selamanya adalah pembicaraan statusmu selalu ditunda!


“Boss, mengenai status kerja saya…”

“Nanti ya, sekarang kita harus bahas soal proyek ini dulu…”


“HRD, bagaimana status kontrak saya? Apakah diperpanjang-”

“Itu akan dibahas akhir bulan ini.”

“Tapi bulan lalu katanya-”

“Nanti akan dibahas lagi, sekarang tolong urus forumulir ini…”


Kalau tiap kali kamu mau ngomong soal perpanjangan kontrak atau pengangkatan status jadi karyawan tetap dialognya kayak di atas, berarti pertanda buruk!


Kalau kamu memang kerjanya bagus, tidak ada alasan menunda kejelasan status itu lebih dari sekali. Yang artinya… kamu akan diberhentikan!? Glek.


2. Atasan / Manajer / HRD Menghindar

Setiap kali kamu mau bicara ke boss, manajer, atau HRD, mereka tidak mau lama-lama. Rapat mau mulai lah, istirahat habislah, ingat ada kerjaan lah…


Mirip seperti nomor 1, tapi kamu dihindari meski hanya ingin bicara biasa. Mungkin takut kamu akan bertanya soal status pegawaimu? Takut menjelaskan kalau kamu tidak akan jadi karyawan tetap?


Oh, no!


3. Gosip Beredar

Namanya juga lingkungan kerja, biar HRD dan atasan menutup mulut rapat, pasti ada saja 1-2 info rahasia yang mengalir keluar. Salah satunya adalah fakta soal kamu tidak akan diangkat jadi karyawan tetap!


Topik semacam kelangsungan kerja itu adalah hangat dibicarakan bagi karyawan kantoran, selama orang yang terkena bukan mereka. Dasar tukang gosip!


Mungkin infonya miring, mungkin status kamu hanya ditunda, bukannya diberhentikan atau semacamnya. Tapi karena gosip yang beredar, performa kamu bisa jadi drop karena kepikiran dan membenarkan gosip miring itu!


Baca Juga: Kena PHK? Baca Artikel Ini Biar Semangat Lagi!


4. Tidak Diajak Rapat

Perusahaan itu selalu sebisa mungkin mengajak semua karyawan untuk ikut rapat, bahkan karyawan baru. Umumnya karena standar peraturan semata, atau menguji kesiapan mental karyawan baru.


(…Walau bisa juga karena boss-nya narsis dan mau didengar.)


Ehem, intinya kecuali untuk rapat khusus pimpinan dan manajer, tidak ada alasan untuk tidak mengajak kamu ikut rapat. Kalau terjadi tanpa alasan jelas, artinya kamu dinilai negatif oleh kantor.


Kalau dari masih jadi masa probation saja sudah begini, besar kemungkinan kamu tidak akan dijadikan karyawan tetap!


5. Boss Terlihat Marah / Tidak Puas

Tanda yang paling jelas kalau kamu tidak lulus masa probation atau kontrak kerjamu tidak diperpanjang adalah sikap boss. Apa beliau sering marah, mengeluh, atau geleng kepala ke kamu?


Kalau kamu merasa kurang bagus dalam bekerja, berarti sikap boss itu logis. Segera perbaiki kinerjamu untuk 1-2 bulan ke depan!


Tenang, masih ada kesempatan. Kalau performa kerjamu meningkat, selain tidak kena PHK dini, kamu juga bisa diangkat jadi karyawan tetap!


6. Dicuekkin

Bentuk perlakuan paling parah yang bisa diterima kamu selama menjadi karyawan tidak tetap atau kontrak adalah diabaikan!


Kalau orang-orang di kantor malas bicara denganmu dan hanya memberi salam sekedarnya, kamu harus khawatir!

Sekian tanda kamu tidak akan diangkat jadi karyawan tetap! Mau masa probation atau habis kontrak, lakukan yang terbaik biar gak menyesal!


Ingin cari kerja yang langsung kontrak setahun penuh? Hubungi Kessler Executive Search untuk peluang lowongan kerja paling sesuai preferensi kamu!


Sumber: liputan6.com

192 views0 comments

Recent Posts

See All