Search

6 Tanda Kamu Akan Dipecat Boss


"Kalau minta bantuan Headhunter dan Recruiter, kamu gak akan dipecat mendadak begini."

Apa kamu merasa akan dipecat boss!? Bekerja di masa new normal sekarang memang sulit, tapi lebih gak enak lagi kena PHK! Bagaimanapun juga sebagai karyawan atau pengusaha, memulihkan kondisi ekonomi keluarga setelah masa pandemi kemarin adalah prioritas utama. Karena itu banyak orang minta bantuan Headhunter atau Recruiter untuk cari kerja, sekaligus berhati-hati agar pemasukan kali ini langgeng. Tapi namanya karir, pasti ada saja saatnya kamu terkena pemecatan tiba-tiba. …Malah, mungkin kamu sudah merasakan ‘tanda akan dipecat’ sekarang!?


Baca Juga: Apa Kamu Perlu Liburan? Ini Tandanya!


Terkadang sebaik apapun kita bekerja, tetap saja kena PHK. Yang penting adalah merasakan ‘tanda akan dipecat’ lebih awal sebelum terlambat! Mungkin bisa diperbaiki, mungkin tidak. Tapi tidak ada salahnya bersiap-siap! Berikut 6 tanda kamu akan dipecat boss…

6 Tanda Kamu Akan Dipecat Boss


1. Pekerjaan Berkurang

Mungkin kamu karyawan biasa yang kerjanya gak terlalu banyak (secara relatif). Tapi kalau kerjaanmu perlahan-lahan berkurang, dan bukan karena sudah kamu selesaikan lebih cepat… patut dicurigai!


Cari tahu alasan pekerjaanmu berkurang: Karena harus fokus ke proyek lain? Karena kamu dapat tugas tambahan yang lebih urgent? Kalau tidak ada penjelasan, mungkin kamu akan dipecat boss dalam waktu dekat!


2. Teman Bersikap Aneh

Perihal pemecatan itu memang hal sensitif di perusahaan, tapi ada saja mereka yang bermulut ember dan menyebarkannya ke karyawan lain… kecuali kamu. Seringkali ‘kebocoran’ terjadi dari si boss sendiri, baik sengaja ataupun tidak!


Teman-teman kantor akan bersikap canggung, malu-malu, dsb saat bersamamu. Mereka mendengar pemecatan kamu entah dari siapa, lalu bingung antara mau menghiburmu atau pura-pura gak tahu. Dasar tukang gosip!


3. Boss Bersikap Dingin

Terlepas dari rekan kerja, boss (atau manager, atau atasan lain) bersikap dingin padamu. Mereka bicara hanya seperlunya saja, tidak mengajak makan siang bareng, atau memujimu.


Mirip dengan situasi nomor 2, tapi karena dia atasan (yang biasanya bukan teman dekat), sikapnya yang acuh tak acuh akan lebih terasa. Kalau merasakan ini, segera perbaiki performa kerjamu!


4. Merasa Digantikan

Mirip dengan nomor 1, tapi alasan pekerjaanmu berkurang lebih jelas: tugasmu diberikan ke orang lain! Mungkin 1-2 tugas kecil kamu diberikan ke karyawan baru… ini wajar. Tapi kalau ini terus berlangsung, bahkan mesin pun memakan jatah tugasmu di kantor… Bahaya!


Kalau sudah sampai fase ini, kamu agak telat menyadarinya. Akan sulit meminta tugas tambahan di situasi ini, jadi lakukan sisa pekerjaan yang kamu punya dengan lebih baik lagi supaya gak kena PHK!


5. Sering Dikritik

Ini tahap selanjutnya dari 4 poin di atas: selain kerjaan dikurangi, kamu juga sering dikritik untuk sisa kerjaan yang kamu punya, bahkan hal kecil sekalipun.


Bukannya si boss jahat (walau bisa begitu juga), tapi dia sengaja mencari kesalahan kamu sehingga saat hari H pemecatan tiba, beban perusahaan berkurang.


6. Firasat Buruk

Mungkin kamu gak menyadari 5 tanda di atas. Tapi kalau kamu merasa ada yang salah saat bekerja dan tidak tahu sebab pastinya… kemungkinan kamu akan dipecat boss!


Ini bukan main-main; segera lakukan pencegahan! Kalau kamu bersikap naif dan mengabaikan ‘sinyal bahaya’ di kepalamu ini… nanti pasti sudah terlambat.

Sekian 6 tanda kamu akan dipecat boss! Perhatikan lingkungan kerja agar tidak tertimpa PHK mendadak! Mungkin sudah terlambat mencegahnya, tapi setidaknya dampak pada dirimu bisa diminimalisir.


Kalau kena PHK, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search. Kami akan mencarikan lowongan kerja dengan prospek karir yang paling cocok buatmu! Kerja yang rajin, ya!


Sumber: liputan6.com

255 views0 comments

Recent Posts

See All