Search

6 Ciri Karyawan Teladan


"Karyawan teladan seperti Spongebob jadi incaran HRD!"

Karyawan yang teladan itu… Walau ada heboh UU baru di tengah masa pandemi, dunia kerja tetap penuh sesak oleh calon karyawan yang cari kerja. Entah mencari lowongan kerja di situs jobseeker atau memakai jasa Headhunter dan Recruiter, hanya karyawan teladan yang bisa sukses di antara itu semua!


Baca Juga: Mau Lulus Masa Percobaan 3 Bulan?


Memang menjadi teladan bagi karyawan lainnya perlu karisma, tapi sebenarnya sekedar menjadi contoh yang baik sudah cukup! Orang lain mau meneladani kamu atau engga, itu urusan belakangan!


Simak 6 ciri karyawan teladan ini untuk diteladani! …Hehe.

6 Ciri Karyawan Teladan


1. Inisiatif Tinggi

Istilah yang banyak berlaku di dunia kerja itu, “Siapa cepat, dia dapat.” Menjadi karyawan teladan berarti harus punya inisiatif tinggi untuk bekerja, baik itu mengurus tugasnya sendiri atau membantu rekan kerja lain.


Cepat di sini adalah mengambil kesempatan untuk meningkatkan kualitas kerja ataupun membantu perusahaan, tanpa perlu diperintah! Orang rajin seperti inilah yang banyak dikagumi boss dan teman kerja di kantor.


2. Bisa Dipercaya

Memang banyak boss atau atasan yang gak adil serta suka bohong pada karyawan, tapi jangan diikuti! Karyawan hanya akan menjadi teladan bila bertindak sesuai kata-katanya.


Kerjakan tugas sesuai kemampuan, dan katakan dengan tegas bisa atau tidak. Kalau bisa, lakukan dengan sebaik mungkin untuk memenuhi harapan atasan. Kalau memang kurang bisa, mintalah bantuan atau sarankan orang lain yang lebih cocok.


Jangan sembarangan mengumbar janji yang tidak bisa kamu penuhi, apalagi kalau karena takut menolak permintaan boss. Hasilnya malah lebih buruk nanti!


3. Komunikasi Lancar

Namanya perusahaan tidak bisa berdiri dengan boss ditambah 1-2 karyawan saja, jadi kamu perlu bekerja sama dengan rekan kerja lain.


Entah itu sesama karyawan bawahan, manajer, HRD, atau bahkan CEO, ramahlah pada mereka. Tidak perlu jadi teman dekat, cukup bersahabat saja agar komunikasi lancar dan tidak ada konflik yang bisa mengganggu kerjaan.


4. Mudah Beradaptasi

Karyawan diteladani bukan dari kemampuan kerja dan komunikasinya saja, tapi juga adaptasi! Sering ada kasus di mana perusahaan mengubah sistem kerja, lokasi kantor, dsb (sengaja ataupun tidak), dan banyak karyawan bingung.


Karyawan teladan melihat perubahan sebagai tantangan, bukan hambatan! Lokasi baru, alat kerja baru, alur kerja baru, semua bisa diserap dengan cepat oleh si karyawan teladan dan ritme kerjanya kembali normal dalam waktu singkat.


Kecepatan adaptasi inilah kunci keberhasilan di dunia kerja!


5. Hasil Kerja Baik

Tentu, hasil dari semua ciri positif karyawan teladan di atas akan membawa hasil kerja baik! Meskipun dia kurang ahli di bidang itu, sikap kerjanya yang baik membuat prosesnya lebih mudah.


Intinya, kumpulan sifat positif dalam bekerja akan membawa hasil positif pula!


6. Rajin Belajar

Karyawan teladan itu bukan berarti serba bisa! Kumpulan sifat dan etos kerja baik membantu, tapi yang paling penting adalah keinginan belajar!


Karena kurang bisa, karyawan teladan berusaha belajar untuk lebih baik dalam pekerjaannya. Mungkin kemampuan mereka setelah itu pun tidak banyak berubah, tapi tekad untuk belajar tanpa malas inilah yang menjadikannya contoh baik untuk perusahaan.

Demikianlah 6 ciri karyawan teladan! Kalau kamu punya rekan kerja yang teladan, dukung dia ya!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja baru yang menguji sikap kerjamu! Tetaplah rajin berusaha di saat apapun!


Sumber: liputan6.com

156 views0 comments

Recent Posts

See All