Search

6 Ciri Karyawan Penjilat di Perusahaan


"Boss, dia yang bikin salah nih!" "Pasti kamu, soalnya dia karyawan terbaik!" "Headhunter, tolong gue...!"

Ada penjilat di tempat kerja! Tempat kerja memang banyak intrik dan aturannya, apalagi di masa pandemi yang sulit cari kerja (tips: pakai jasa Headhunter dan Recruiter!). Mungkin ada masalah lingkungan kerja, budaya perusahaan, manajemen atasan, dsb untuk menguji kemampuan kamu sebagai karyawan.


Baca Juga: Mau Karir Maju? Gak Perlu Sikut-Sikutan...


Tapi, ada juga ‘teman’ kantor yang nusuk kamu dari belakang demi dapat pujian dari boss. Ini namanya penjilat! Waspada, bisa saja kamu tidak sadar kalau sedang dimanfaatkan… Cegah dengan membaca ciri karyawan penjilat di perusahaan berikut!

6 Ciri Karyawan Penjilat di Perusahaan


1. Cari Muka

Ciri khas penjilat itu, selalu ingin kelihatan baik di depan boss, HRD, manajer, dsb kayak ABG pacaran. Kalau lagi sama kamu atau rekan kerja lain, sikapnya nyeleneh, suka mengejek, dsb.


Tapi begitu boss lewat, langsung sikap sempurna kerja. Dia juga bakal pura-pura kalau dia berteman baik dengan karyawan lain, termasuk kamu. Nggak banget!


2. Jago Memanfaatkan

Apa kamu sering dimintai tolong ‘hal kecil’ oleh teman kantor? Hati-hati, bisa jadi ada udang di balik batu. Tandanya: dia sering minta tolong, saat kamu mengerjakannya dia tidak ada, langsung menghilang begitu kamu kasih hasilnya, dsb.


Bisa jadi dia memberimu ‘tugas ekstra’ dari boss yang diberikan padanya, tapi memanfaatkan kamu buat ngerjain. Terus hasil kerjamu diakui punya dia, haduh!


3. Sibuk Pamer, Bukan Kerja

Mungkin kamu pernah lihat, karyawan yang kelihatan super sibuk ke sana kemari… tapi entah kenapa, kerjaannya gak selesai-selesai.


Bisa jadi ‘kerja’-nya dia itu tugas pribadi dari boss, yang dia prioritaskan dibanding pekerjaan aslinya! Biar itu bakal menghambat kerja tim, bagi dia yang penting boss senang (sama dia)!


4. Narsis

Selain curi-curi waktu pamer keahlian di depan atasan, karyawan penjilat gak akan segan untuk memuji diri sendiri hampir tiap hari. Waktu ngobrol santai, di sela-sela kerja, dsb, mulutnya gak bisa direm.


Alasannya ada 2: satu, karena dia memang merasa lebih hebat dari yang lain. Dua, supaya boss ‘kebetulan’ dengar cerita yang ‘beredar’ tentang betapa hebatnya dia. Dua-duanya bikin kezel.


5. Pembantu Boss

Yang namanya penjilat sejati di kantor itu, gak akan berhenti di sekedar manfaatin orang lain atau cari muka. No, dia bakal ambil 2-3 langkah lebih jauh: jadi pembantu si boss!


Tentu ini bukan berarti dia merangkap jadi asisten rumah tangga si boss ya (walau bisa begitu juga), tapi tugasnya mirip: mengerjakan tugas pribadi dari boss yang gak ada hubungannya sama pekerjaan kantor.


Si penjilat bisa jadi tukang antar jemput anak boss ke sekolah, belanja kebutuhan rumah si boss, jadi supir pribadi boss, dsb tanpa kontrak kerja formal.


Semua supaya dia jadi anak emas si boss! Mungkin ada asisten yang begini juga karena takut nolak si boss, tapi si penjilat sih 100% inisiatif sendiri.


6. Tukang Ngadu

Hal terburuk yang dilakukan teman kantor: nusuk dari belakang! Ngelihat temannya bikin salah bukannya bantuin, tapi ngadu ke boss!


Bahkan pas kondisi damai-damai saja, dia jadi detektif super yang cari-cari kesalahan kamu buat dilaporin. Tujuannya dua: menjatuhkan kamu dan menaikkan martabatnya!

Demikianlah 6 ciri karyawan penjilat di perusahaan! Hidup tuh udah susah, jangan sampai deh ngemis dan nusuk dari belakang cuma demi uang dan posisi.


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja tinggi tanpa perlu menjilat! Biar lagi kepepet, tetaplah jaga harga diri kalian sebagai pekerja tangguh!


Sumber: idntimes.com

756 views0 comments

Recent Posts

See All