Search

5 Tips Minta Naik Gaji ke Boss

Updated: Apr 14, 2020


"Saya ingin naik gaji karena..." *melotot* GLEK.

Setiap karyawan ingin gaji yang tinggi, karena itulah mereka minta naik gaji ke boss. Alasan buat minta naik gaji sih ada segudang, tapi bilang itu saja gak cukup. Untuk minta naik gaji perlu alasan yang bagus, apalagi kalau kamu masih terhitung karyawan baru (kurang dari 1 tahun). Makanya pas proses rekrutmen, kamu wajib minta jumlah gaji yang cukup sebelum dan pas diterima! Cantumkan jumlah gaji yang kamu inginkan di dokumen lamaran kerja, jadi pihak HRD gak akan kaget pas kamu minta jumlah segitu. Hal ini penting, supaya kamu gak cepat-cepat minta naik gaji pas baru masuk, karena gajimu saat itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Tapi yang namanya biaya hidup pasti terus meningkat, jadi kamu harus tahu cara minta naik gaji yang tepat. Entah apa kamu butuh uang lebih untuk kebutuhan keluarga (sekolah anak, perabot rumah, dll) atau hal pribadi (hobi, liburan, kursus, dll), kamu harus waspada. Meskipun boss kamu bukan tipe pemarah yang bakal langsung nolak, banyak faktor lain yang bisa bikin negosiasi gaji gagal. Kalau gagal, selain gaji tetap segitu aja, suasana di lingkungan kerja pun jadi gak enak!


Tenang, kami akan membantu! Sebagai karyawan yang baik dan berkualitas, baca dulu tips berikut!


5 Tips Minta Naik Gaji


1. Kenapa mau naik gaji?

Nah, kenapa kamu perlu uang lebih? Untuk keperluan apa? Tanyai diri sendiri hal ini sebelum minta naik gaji. Mungkin kamu gak butuh, cuma gatal karena kemarin lihat barang mahal? Atau kamu memang butuh… cuma bukan sekarang?


Pikir baik-baik apakah kamu memang benar-benar PERLU naik gaji atau enggak, lalu apa perlunya sekarang atau nanti. Jadinya pas ditanya boss nanti, kamu sudha tahu harus bilang apa.


2. Apa waktunya tepat? Apa perusahaan kondisinya lagi bagus?

Jadi kamu memang butuh naik gaji nih, bagus! Tapi apa kamu masih punya tumpukan kerjaan? Mungkin perusahaan lagi defisit? Apa si boss lagi marah? Kalau waktunya gak tepat, nanti saja.


3. Tingkatkan Produktivitas

Karyawan berkualitas itu dihargai atas usaha dan kerja kerasnya! Kalau mau naik gaji, pastikan sebelumnya kamu sudah berusaha lebih dari biasanya, atau malah minta kerjaan tambahan. Si boss akan menyadari kemajuan kamu, dan nego gajinya ke depan dijamin bakal mulus!


4. Minta Jumlah yang Wajar

Sekarang negosiasi gajinya sudah lancar sama si boss, minta kenaikan gajinya kira-kira ya! Jangan terlalu banyak naiknya dari gaji semula, supaya si boss lebih gampang setuju.


5. Jangan Bawa-bawa Urusan Lain

Ada kalanya setelah lakuin semua tips dan trik di atas pun, negosiasi gaji kamu sama si boss gak berjalan mulus. Saat ini, jangan emosi! Jangan sampai kamu membandingkan gaji kamu sama karyawan lain, apalagi yang kerja di perusahaan lain. Kalaupun kamu memang butuh gaji lebih buat keluarga, jangan dijadikan alasan untuk maksa boss naikin gaji kamu ya. Bersikaplah dewasa!


Demikian tips dan trik kami untuk minta naik gaji ke boss! Kalau naik gaji susah, mungkin kamu harus cari kerja baru. Kirim CV dan Resume kamu ke sini, dan akan kami bantu cari karir baru dengan gaji yang lebih oke! Berjuang ya, guys!


Sumber: republika.co.id,forbes.com

111 views0 comments

Recent Posts

See All