Search

5 Tips Mengatasi Ketakutan di Hari Pertama Kerja


"Boss, HRD, dan teman kerja gak bakal gigit kamu kok. Beranikan diri!"

Hari pertama kerja selalu jadi dilema! Mungkin kamu adalah fresh graduate atau mantan karyawan yang sudah sibuk cari kerja di sana-sini, terutama lewat jasa Headhunter dan Recruiter. Syukur, kamu akhirnya lolos interview kerja dan diterima! Tapi hari pertama masuk kerja besok? Ups, sakit peruuut!


Merasa tegang dan takut di hari pertama kerja itu wajar, sama saja dengan rasa gugup sebelum interview. Tapi mungkin lebih terasa ya, soalnya sudah jadi bagian perusahaan.

Jangan cemas, Kessler siap membantu dengan tips mengatasi ketakutan di hari pertama kerja berikut!

5 Tips Mengatasi Ketakutan di Hari Pertama Kerja


1. Jalani Saja, Jangan Kebanyakan Mikir

Sebenarnya penyebab utama kamu merasa takut itu dari diri sendiri! Karena grogi, kepalamu jadi mikir yang bukan-bukan tanpa disadari.


Selama kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum hari pertama kerja (menyiapkan baju / seragam kerja, alat tulis, laptop, tas, dompet, dsb), tidak perlu takut!


Jalani saja dengan pede; yang terjadi, terjadilah! Cari kesibukan biar kamu lebih santai sebelum hari H; hitung-hitung lebih baik daripada mikir negatif.


2. Beranikan Diri untuk Kenalan

Saat pertama kali masuk kerja, pastinya kamu gugup dikelilingi boss, manajer, dan rekan kerja lain. Tapi rasa takut ini sebenarnya karena kamu belum kenal mereka!


Pelan-pelan, berkenalanlah dengan rekan kerja. Mulai dari rekan kerja yang sebelahan di mejamu, lalu yang di seberangmu, lalu yang masih 1 ruangan, dst.


Memang sulit untuk menyapa di hari pertama kerja, tapi paksakan diri untuk berani bicara! Begitu kamu tahu nama, jabatan, juga hal kecil lain tentang teman kerja, rasa takut akan hilang!


Tidak perlu buru-buru; di hari pertama cukup berkenalan dengan 3-4 orang, lalu ingat-ingat nama dan wajah mereka. Besoknya kamu akan bisa menyapa mereka dan benar-benar berteman!


Baca Juga: Metode Hire Apa yang Tepat untuk HRD?


3. Cari Informasi dengan Banyak Tanya

Di hari pertama kerja, hal kecil seperti letak toilet, password wifi, atau ruang makan siang bisa bikin kita takut gak karuan. Tenang! Tanyakan hal yang ingin kamu tahu satu-persatu pada teman kerja.


Kamu pasti akan banyak bertanya, tapi gapapa. Tanyakan 1-2 pertanyaan saja, lalu berikan jeda waktu sebelum bertanya lagi. Jangan lupa untuk selalu bilang terima kasih!


Otomatis hal yang gak kamu tahu akan berkurang dan otak bakal rileks, gak takut lagi.


4. Buat Kesan Baik

Kesan pertama di kantor kerja itu penting, tapi kalau kamu memaksa tampil keren, yang ada malah malu! Tenanglah dan bersikap biasa saja.


Bicara yang sopan, ikuti petunjuk dari manajer dan atasan, ngobrol dengan rekan kerja, dan tentunya bekerja dengan rajin.


Hati-hati untuk tidak mengeluh soal apapun! Walau kritik kamu itu valid, jangan katakan di hari pertama kerja ya.


5. Senyum dan Semangat

Resep terakhir supaya kamu gak takut atau gugup di hari pertama kerja… senyum! Walau masih malu di hari pertama, tersenyumlah dan kerja dengan baik.


Selama kamu bisa fokus pada pekerjaan dan tidak cemberut, rasa takut di hari pertama kerja akan hilang sendiri. Selain gak takut lagi, kamu juga terlihat rajin di pandangan boss dan rekan kerja lain. Win-win!

Sekian 5 tips mengatasi rasa takut di hari pertama kerja! Langkah pertama pasti berat dan bikin kita mau kabur, tapi berjuanglah supaya dapat hasil!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja terbaru! Yang rajin ya, kerjanya!


Sumber: idntimes.com

818 views1 comment

Recent Posts

See All