Search

5 Tips Menerapkan Sistem Kerja dari Rumah (WFH) untuk Perusahaan


Headhunter juga menerapkan WFH loh!

Perusahaan sekarang perlu sistem kerja dari rumah yang WOW! Karena wabah virus Corona yang saat ini melanda dunia dan menghalangi kita untuk keluar rumah, sektor ekonomi jadi terkena imbasnya. Orang jadi sulit bekerja seperti biasa karena berbagai larangan dan aturan baru pemerintah terkait Covid-19. Walau tahu ini semua demi kesehatan dan keselamatan semua orang, tetap saja kita perlu cari duit buat makan sehari-hari! Sebagian besar perusahaan sudah menerapkan kebijakan ‘kerja dari rumah’ (Work from Home atau WFH) untuk mengatasi masalah ini, tapi terbilang belum efektif. Banyak alasannya, tapi 2 penyebab utama adalah sistem kerja yang buruk atau tidak terbiasa kerja dari rumah.


Memang kondisinya tidak mendukung, jadi perusahaan kamu perlu tips untuk menerapkan system kerja dari rumah berikut ini agar karyawan nyaman bekerja! Silakan dibaca~


5 Tips Menerapkan Sistem Kerja dari Rumah (WFH) untuk Perusahaan


Rencanakan yang Lengkap

Mungkin perusahaan kamu dulu pernah menerapkan sistem kerja dari rumah di jejak karirnya dulu, tapi pasti hanya sementara untuk 1-2 karyawan sakit kan? Tapi kondisi wabah virus Corona ini beda! Kamu harus membuat sistem kerja dari rumah yang baru, untuk diterapkan dalam jangka waktu lama.


Buat perencanaan selengkap mungkin, mulai dari jadwal kerja secara shift, sistem deadline baru, aturan baru, dll. Tegaskan pada karyawan bahwa meski kerja dari rumah (WFH), kerja harus tetap produktif. Bukan cuma untuk dapat gaji, tapi juga karir masa depan.


Komunikasi Harus Lancar

Karena semua orang harus di rumah aja, sistem komunikasinya harus kuat! Pilih satu program atau aplikasi yang akan digunakan untuk komunikasi seluruh karyawan perusahaan, misalnya WhatsApp atau Trello. Jangan pakai Facebook atau Instagram yang banyak godaannya.


Beritahu karyawan kamu untuk selalu standby dan merespon cepat selama jam kerja, tapi di luar itu bisa bebas istirahat di rumah. Komunikasi aktif itu kunci untuk sistem kerja dari rumah (WFH)!


Latih Manajer

Supaya bisa memantau seluruh karyawan dengan aplikasi pesan online, latih manajer dan kepala bagian kamu. Pastikan mereka paham semua fungsi aplikasi dan bisa tahu saat karyawan sedang online. Gunakan video call untuk rapat penting, juga buat aturan khusus untuk tiap divisi sesuai keperluan.


Uji Coba Dulu

Seberapa bagusnya pun sistem kerja dari rumah yang kamu buat, pasti ada aja cacatnya. Uji coba dulu dengan beberapa karyawan dan manajer. Apa pesan text dan video call lancar? Apa respon setiap orang cepat? Ngirim dokumen dan gambar lancar gak? Jam kerjanya sudah cocok, terlalu cepat, atau kelamaan? Perbaiki dulu semua masalah yang ada sebelum menerapkannya ke seluruh karyawan.


Evaluasi Setiap Hari

Kalau sistem kerja dari rumah-mu sudah jalan, evaluasi setiap hari. Apa benar sudah cepat dan efektif? Apa ada karyawan yang sulit beradaptasi? Karena sistemnya terlalu ketat atau gara-gara manajernya malas ngajarin nih? Evaluasi setiap hari, jadi tahu apa yang mesti diperbaiki atau diganti.


Demikian 5 tips kami untuk sistem kerja dari rumah (WFH) buat perusahaan! Apa kamu ingin cari perusahaan yang punya sistem kerja dari rumah yang oke? Layanan Headhunter kami siap melayani! Kirim CV dan Resume kamu agar proses rekrutmen dari karir baru berjalan lancar! Tetap tinggal di rumah aja dan rajin cuci tangan, ya!


Sumber: detik.com

62 views0 comments

Recent Posts

See All