Search

5 Tips Interview di Perusahaan Lain Tanpa Ketahuan Boss!


"Hubungi Kessler Executive Search untuk cari kerja tanpa was-was!"

Interview kerja di perusahaan lain tanpa ketahuan boss? Boleh, dong! Yang namanya cari kerja itu pasti sulit, apalagi dalam masa pemulihan new normal setelah wabah pandemi mulai mereda. Walau lowongan kerja banyak disarankan Headhunter atau Recruiter, kadang posisi yang kita dapat gak sesuai keinginan. Mungkin pekerjaan yang sekarang memberi nafkah dan memperbagus jenjang karir, tapi gak ada salahnya cari peluang yang lebih baik kan? Nah, di sinilah muncul dilema: mau interview kerja di perusahaan lain, tapi gak enak sama boss!


Baca Juga: Pengen Kerja di Perusahaan Idaman?


Pas dapat undangan wawancara, takut bilang ke boss. Lagipula ini masih tahap wawancara- kalau gak diterima dan kamu malah jadi bermasalah di perusahaan sekarang, bahaya kan? Tenang, gak ada salahnya kok terus mencari peluang baru dan memperluas wawasan serta karir kamu. Solusinya? Pergi interview tanpa bilang DAN TANPA KETAHUAN sama boss! Berikut 5 tips dari kami agar bisa melakukannya dengan sempurna~


5 Tips Interview di Perusahaan Lain Tanpa Ketahuan Boss!


1. Minta Cuti atau Izin Sakit

Setelah dapat jadwal interview, segera rencanakan untuk minta cuti jauh hari sebelumnya. Kalau perlu, langsung ambil cuti 2-3 hari. Selain supaya tidak mencurigakan, juga memberi kamu waktu ekstra kalau ada kesalahan atau perubahan jadwal. Bisa juga izin sakit, tapi ini lebih beresiko.


2. Perhatikan Lokasi Interview

Di mana lokasi interview perusahaan lain tersebut? Kalau jauh, sudah jelas kamu harus ambil cuti supaya tidak terburu-buru. Tapi kalau dekat dari rumah atau kantor, kamu bisa saja memakai waktu makan siang untuk interview. Selama masih mungkin, ya.


3. Wawancara di Luar Jam Kerja

Kebanyakan perusahaan memang selalu menjadwalkan interview selama jam kerja di hari biasa (Senin-Jumat), tapi kamu bisa saja minta jadwal interview di waktu lain! Utarakan dengan sopan alasanmu ke perusahaan lain tersebut, untuk jadwal interview di hari Sabtu atau setelah jam pulang kantor misalnya; supaya lebih mudah dan aman bagi semua pihak. Asal jangan Minggu, ya.


4. Phone a Friend

Bukannya nelpon teman buat jawab kuis ya, tapi cukup mirip. Mungkin kamu nggak cukup meyakinkan sendiri, dan perlu bantuan temanmu- idealnya yang juga kerja di kantor sekarang. Minta tolong untuk jadi ‘saksi’ kalau kamu izin sakit atau semacamnya, juga mengambil alih pekerjaanmu pas hari cuti.


5. Berpakaian Kerja Biasa

Entah kamu minta izin cuti atau sakit, pokoknya saat hari H interview di perusahaan lain, berpakaianlah rapi seperti biasanya. Baik dari jenis atau warna pakaiannya, pastikan jangan terlalu beda dari keseharian kamu di kantor sekarang. Kalau tiba-tiba penampilan kamu berbeda dengan pilihan warna mencolok, akan banyak orang di sekitar yang bertanya!


Ini beresiko kamu ketahuan sama boss, apalagi kalau memakai tips nomor 2 diatas: cari waktu interview saat jam makan siang. Pastikan kamu tetap berpakaian rapi, warna standar saja, tidak jauh dari hari kantor biasa supaya saat ada teman yang mengenali di perjalanan, tidak berujung canggung.

Demikian 5 tips kami untuk interview kerja di perusahaan lain tanpa ketahuan boss! Mungkin kamu sedikit merasa bersalah, tapi ingat kalau ingin merasa lebih bahagia dari kondisi sekarang dengan cari kerja baru itu lumrah. Kalau boss kamu keberatan, berarti kamu memang lebih baik pindah!


Kalau perlu lowongan kerja baru, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search! Kami akan bantu kamu cari peluang karir yang lebih baik, tanpa perlu sembunyi-sembunyi~ Selamat berjuang, guys!


Sumber: hipwee.com

456 views0 comments

Recent Posts

See All