Search

5 Tips Hari Pertama Kerja


"Jangan panik, Headhunter dan Recruiter yakin kalau ini pekerjaan terbaik buat kamu."

Hari pertama kerja memang bikin tegang! Kamu pasti tahu, betapa susahnya cari kerja di masa new normal sekarang ini. Selain jumlah lowongan kerja yang menyusut, kriterianya makin sulit dan cara kerjanya pun (kebanyakan) harus online, jadinya kamu perlu siap alat-alat ekstra. Dan ketika tiba saatnya kamu dapat pekerjaan baru (selamat!), semua kesulitan itu berubah menjadi rasa stress yang bikin hari pertama kerja kamu jadi nggak nyaman!


Baca Juga: Waspada dengan Pertanyaan Jebakan Pas Interview!


Dapat kerja dan menempuh karir baru memang menyenangkan, tapi ada kalanya segala faktor sosial dan ekonomi zaman sekarang membuatmu kikuk dalam menghadapinya. Jangan khawatir, kami akan membagi 5 tips hari pertama kerja supaya kamu bisa rileks...

5 Tips Hari Pertama Kerja


1. Persiapkan dari Jauh Hari

Begitu diterima dan tahu kapan hari pertama kerja kamu dimulai, saatnya bersiap-siap! Rencanakan transportasi kamu ke sana setiap harinya (bus, motor, angkutan umum?), uang jajan sehari-hari (makan siang, ngopi, dsb), pakaian formal sesuai peraturan kantor, peralatan kerja seperti laptop, alat tulis, dan masih banyak lagi.


Dengan menyiapkan semuanya jauh sebelum hari H, kamu bisa lebih tenang dan fokus menjaga sikap di depan boss serta rekan kerja.


2. Datang Lebih Awal

Saat hari H, pastikan kamu datang lebih cepat dari jadwal, antara 30 menit sampai 1 jam sebelumnya. Kemungkinan kamu belum paham betul rute ke sana serta daerahnya, jadi dengan begini ada waktu banyak untuk bersiap-siap. Misalkan macet atau ada hal di luar dugaan pun, kamu gak akan panik karena masih banyak waktu esktra!


Lanjutkan juga hal ini di hari ke-2 dan seterusnya (30 menit lebih awal cukup), karena kebiasaan baik ini akan membantumu merintis karir yang lebih tinggi dan dapat promosi nantinya!


3. Sopan

Begitu sampai, pastikan jaga sikap. Bicara dengan sopan ke HRD, rekan kerja, dan boss yang kamu temui nanti. Kalaupun tempat kerja baru ini pakai bahasa non-formal, pastikan tidak sok akrab atau memakai bahasa gaul di hari pertama!


Masih banyak waktu di hari-hari berikutnya untuk mengenal lingkungan kerja baru ini, jadi di hari pertama cukup fokus membangun kesan awal yang baik.


4. Bicara Seperlunya

Di awal masuk kerja, pasti kamu sibuk berkenalan dengan boss, HRD, serta karyawan lain yang satu divisi denganmu. Perkenalkan diri dengan sopan, bicara sedikit, lalu pergi ke tujuan selanjutnya.


Bagaimanapun ini hari pertama kerja; jangan keasyikan ngobrol atau banyak bicara, nanti ujungnya kamu mengatakan hal yang gak perlu dan bikin suasana gak enak.


5. Fokus dan Tangkas

Mungkin posisi ini adalah pengalaman pertama kali kerja buat kamu, tapi jangan norak ya. Ikuti instruksi dari atasanmu dengan baik, entah itu soal letak ruang kerja di kantor, aturan, sistem kerja, jadwal harian, dan lain-lain.


Memang sulit, tapi kalau kamu bisa mengikuti dengan baik tanpa terlalu banyak tanya, boss akan terkesan dan jalan karirmu ke depannya akan mulus!

Demikian 5 tips hari pertama kerja dari kami. Hati pertama kerja yang baik, akan menghasilkan karir yang baik pula! Pastikan bangun kesan awalmu dengan hati-hati walau baru pertama kali kerja, ya.


Karir pertama kali kerja itu penting, jadi kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search untuk mendapat lowongan kerja yang paling cocok! Never give up buat cari kerja di masa new normal!


Sumber: liputan6.com

97 views0 comments

Recent Posts

See All