Search

5 Tips Cari Kerja di Luar Negeri

Updated: Apr 17, 2020


Berkat Jasa Headhunter saya bisa menjalani proses recruitment di Jepang !

Kerja di luar negeri biasanya sangat menggoda saat orang sedang cari kerja, karena gaji tinggi yang ditawarkan. Ya, biasanya memang bekerja di luar negeri itu bisa dapat gaji tinggi yang gak bisa dibandingkan dengan pekerjaan di perusahaan lokal. Apa artinya kita harus melupakan pekerjaan di tanah air dan mengalihkan semua energi ke proses cari kerja, lamaran kerja, dan rekrutmen untuk pekerjaan di luar negeri!? Nggak, nggak. Memang kerja di luar negeri itu keren dan banyak untungnya, tapi tetap ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Pertama, memang itu negara apa? Apa dekat, atau malah jauh banget dari negaramu? Bagaimana dengan budaya setempat dan lingkungan kerja perusahaan? Sebelum mengirim lamaran kerja ke bagian HRD, pikirkan baik-baik hal tersebut.


Makanya sebelum kamu keburu nafsu kerja di luar negeri, baca dulu tips berikut!


5 Tips Cari Kerja di Luar Negeri


Siapkan Dana yang Banyak

Bekerja di luar negeri perlu banyak duit, cuy! Apalagi kalau kamu kerja di negara Eropa yang memakai mata uang Dollar Amerika, yang kursnya sangat tinggi dibanding Rupiah. Mau selancar apapun proses lamaran kerja dan rekrutmen kamu dengan HRD, tetap perlu banyak biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Mungkin saja proses rekrutmennya cukup panjang dan kamu harus sewa apartemen pakai uang sendiri, yang biayanya bisa makin besar semakin lama harinya. Mungkin perusaahn tersebut mewajibkan setiap karyawan untuk memakai alat tertentu saat bekerja (headset VR untuk perusahaan IT, misalnya) dan perusahaan tidak menyediakannya untuk semua orang. Terus jangan lupa VISA kerja kamu, yang sewaktu-waktu bisa habis! Selalu siapkan uang lebih untuk dompet, VISA, dan kartu kredit kamu!


Selidiki Negara dan Perusahaan

Tergantung dari budaya negara dan perusahaan tempat kamu melamar, mungkin saja kondisi hidupnya tidak cocok denganmu. Barangkali lokasinya ribet, makanannya gak cocok dan kamu jadi sulit beradaptasi. Kalau hasil penelitianmu seperti ini, lebih baik cari kerja di tempat lain saja.


Periksa Website dan Media Sosial

Perusahaan zaman sekarang bisa mudah dikenali lewat media sosialnya. Kunjungi halaman Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dll yang dimiliki perusahaan incaranmu. Kalau suka konten yang mereka tawarkan, kemungkinan besar kamu bakal betah kerja di sana!


Belajar dan Tingkatkan Skill

Kalau sudah klop dengan perusahaan luar negeri yang dipilih, waktunya belajar! Mungkin kamu perlu belajar sedikit tentang budaya penduduk di sana atau dialek bahasanya. Belajar skill baru yang mungkin dibutuhkan juga ok, tapi yang penting kamu jangan malas ya.


Berusaha, Tapi Jangan Terlalu Berharap

Yang namanya kerja di luar negeri itu ibarat lotere; kalau dapet ya syukur, kalau engga ya sudah. Bukannya pasrah, tapi sejak awal kemungkinan bekerja di luar negeri dengan gaji tinggi itu sangat kecil. Bukan karena kamu kurang ahli atau apa, tapi rekrutmen untuk bekerja di luar negeri itu proses penyaringannya memang jauh lebih ketat.


Berusahalah maksimal, tapi jangan terlalu berharap akan lolos seleksi HRD perusahaan luar negeri. Jadinya kalau gagal pun kamu gak depresi dan siap cari kerja lagi!


Demikianlah tips kami untk cari kerja di luar negeri! Pastikan kamu bisa merasakan kepuasan kerja di sana sebelum melamar, oke? Kirimkan CV dan Resume kamu ke sini supaya bisa kami bantu cari jenjang karir di luar negeri dengan gaji tinggi! Sehat-sehat di rumah, ya!


Sumber: idntimes.com

100 views0 comments

Recent Posts

See All