Search

5 Tipe Boss Baik yang Disukai Karyawan

Updated: Apr 14, 2020


Jadilah Boss yang Baik dan Benar

Semua karyawan ingin kerja di bawah boss baik, di mana si boss akan bersikap ramah, adil, dan jujur soal pekerjaan. Sayangnya, yang malang melintang di perusahaan zaman sekarang tuh banyakan boss buruk-nya! Sekalinya kejadian, karyawan harus melalui proses rekrutmen sampai bertahan di lingkungan kerja yang tidak nyaman hasil perusahaan toxic buatan si boss buruk. Boro-boro jadi pegawai terbaik bulan ini, berusaha sekedar jadi karyawan berkualitas aja susahnya minta ampun! Makanya sekarang ini boss baik itu menjadi salah satu faktor terbesar yang orang mau saat cari kerja, karena boss baik gak akan membuat karyawan menderita. Memang sulit mengetahui apa atasan barumu itu boss baik atau boss buruk saat mengirim lamaran kerja, tapi patut dicoba kan?


Apa yang namanya boss baik itu udah punah? Gak juga, karena kami bisa menemukan 5 tipe boss baik yang disukai karyawan berikut ini! Baca ya, mungkin boss kamu sekarang juga termasuk!


1. Boss yang Ramah

Boss yang baik itu gak akan ragu untuk memuji karyawan dan mendorong mereka untuk maju dengan kata-kata yang positif, sementara boss buruk cuma bisa teriak-teriak atau mengancam. Kalau memang peduli sama karyawan, gak perlu sok-sokan pakai ‘didikan keras’, cukup kata-kata ramah saja!


2. Boss yang Adil

Kenapa gak ada yang mau jadi karyawan terbaik bulan ini (atau tahun ini, atau tahun depan)? Karena si boss buruk tuh gak adil, ngasih pujian dan kenaikan pangkat bukan ke orang berprestasi, tapi yang dia suka secara pribadi (makanya banyak penjilat nih). Kalau usaha keras gak dihargai, buat apa repot-repot?


Boss yang baik dan adil itu harusnya memberi pujian dan penghargaan berdasarkan hasil kerja masing-masing pegawai, bukan karena pilih kasih atau alasan lain.


3. Boss yang Mau Mendengarkan

Seringkali si boss cuma mau marah tanpa dengar penjelasan dari kamu. Bikin sebel! Tapi kalau boss yang baik, pasti bersedia mendengar alasan serta keluh kesah kamu. Mereka gak akan marah atau menghukum kamu sebelum mendengar semua detil ceritanya. Boss yang baik begini nih, yang bikin kita-kita ingin menjalani hubungan kerja harmonis dengan atasan!


4. Boss yang Stay Cool

Boss kamu kayaknya udah sempurna nih: baik hati, adil, dan siap mendengarkan. Tapi begitu ada masalah, tiba-tiba dia marahain semua orang lewat dan ngasih kerjaan yang gak bener!? Boss yang gak tahan terhadap tekanan kayak gini, cuma bikin karyawan resah dan membuat perusahaan jadi toxic.


5. Boss yang Konsisten

Kebiasaan buruk banyak boss itu menyuruh karyawan mematuhi banyak aturan, tapi dia sendiri melanggar. Kalau memberi instruksi A, tiba-tiba dia ngakunya minta B. Kalau menghukum karyawan yang melanggar cepat, tapi kalau dia yang melanggar, langsung siap 1000 alasan. Kok kesel, ya?


Boss yang baik itu, omongannya bisa dipegang; mereka akan menjalani aturan dan pola kerja yang benar, sebagai contoh untuk semua karyawannya. Boss yang memenuhi janji lah yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang sehat!


Demikian daftar kami tentang 5 tipe boss yang disukai karyawan! Apa kamu punya kualitas yang HRD cari untuk membantu si boss baik? Kirim CV dan Resume kamu ke sini, supaya kami bisa membantu mencari jenjang karir baru dengan boss yang ramah dan adil!


Sumber: idntimes.com,okezone.com

100 views0 comments

Recent Posts

See All