Search

5 Software Wajib untuk Pekerja Kantoran


"HRD suka karyawan yang bisa pakai software wajib seperti Microsoft Office!"

Karyawan kantor harus paham software ini! Zaman digital sekarang orang harus bisa pakai gadget dan komputer. Makanya kalau mau dilirik Headhunter untuk cari kerja, kudu paham minimal hardware dan software!


Bahan Bacaan: Lebih Enak PNS atau Karyawan Swasta?


Paham hardware itu mengerti cara pakai komputer atau gadget; tahu cara menyalakan, memasang dan memakai alat-alat seperti mouse dan keyboard, juga cara mematikannya!


Paham software berarti tahu cara pakai aplikasi di komputer dan gadget! Pelajari ya, 5 software wajib untuk pekerja kantoran di bawah~

5 Software Wajib untuk Pekerja Kantoran


1. Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint)

Inilah program super wajib buat pengguna komputer! Kalau gak bisa, jangankan kerja– bikin PR sekolah juga susah!


Program Microsoft Office berfungsi jadi alat kantor. Program ini punya banyak bagian, tapi 3 yang selalu dipakai adalah Word, Excel, dan Powerpoint.


Microsoft Word digunakan untuk mengetik dokumen. Selain lebih rapi dan bersih dari tulisan tangan, juga gampang diberi warna dan ditambah gambar. Bisa juga dicetak jadi dokumen kertas!


Microsoft Excel khusus untuk data-data dan angka. Kamu bisa membuat tabel, kolom, dsb sebagai catatan keuangan, daftar karyawan, juga menghitung cepat dengan formula khusus.


Untuk perusahaan yang punya banyak transaksi bisnis dan karyawan, wajib pakai Excel!


Microsoft Powerpoint tujuannya presentasi. Tulis inti dari hal yang mau kamu beritahu orang banyak saat rapat, lengkap dengan gambar, tabel, atau video.


Setelahnya tunjukkan di layar besar dengan slideshow; lebih efektif dari pidato membosankan!


2. PDF Reader

Dokumen Word banyak dipakai, tapi tidak praktis karena gampang diubah dan berat kalau pakai gambar.


Makanya bentuknya dibuat ringkas jadi PDF! Dokumen PDF berat, tapi rapi dan gak berantakan seperti Word atau Excel. Cocok sebagai buku panduan!


Program untuk file PDF misalnya Adobe Reader. Selain membaca, kamu juga bisa mengubah file PDF ke bentuk lain atau sebaliknya!


3. Adobe Photoshop

Zaman sekarang gambar banyak dipakai untuk apa saja. Biar gampang, pakai photoshop!


Program Adobe Photoshop bisa mengubah gambar! Kamu bisa ubah ukurannya, tambahkan tulisan, efek, warna, atau digabung gambar lain!


Kalau pakai Photoshop, gak perlu bisa gambar! Tinggal corat-coret, gunting, tempel gambar dengan 1 klik!


Asal bisa edit gambar sedikit-sedikit pakai Photoshop, cakupan kerjamu di perusahaan bakal meluas!


4. Whatsapp atau Telegram

Agar praktis, semua orang memakai aplikasi ngobrol seperti Whatsapp dan Telegram untuk bicara tanpa tatap muka dengan cepat.


Perusahaan juga memakainya, agar bisa memberi informasi atau diskusi bersama karyawan di mana saja. Penting untuk paham cara pakainya di masa work from home begini!


Keduanya cara pakainya mirip: tulis pesan, masukkan gambar atau file, lalu kirim. Gak bisa banyak, tapi sampainya cepat!


5. Email (Gmail atau Yahoo)

Kalau tadi ngirim pesan cepat, tapi gak bisa banyak. Buat email, kamu bisa cek kapan saja. Ukuran file yang dikirim juga bisa lebih besar!


Pakai aplikasi Gmail atau Yahoo mail (atau internet), buat akun, selesai! Dengan memakai alamat email, kamu bisa mengirim pesan dan file ke banyak orang, juga sebaliknya.


Kunci kerja cepat adalah memakai Whatsapp/Telegram dan email dengan baik!

Sekian 5 software wajib untuk pekerja kantoran. Sekarang orang gaptek sulit kerja, jadi jangan malu untuk belajar, ya?


Perlu bantuan cari kerja atau pelatihan kerja? Kessler Executive Search bisa bantuin apa saja! Klik link situs kami sekarang~


Sumber: okezone.com

78 views0 comments

Recent Posts

See All