Search

5 Penyesalan Setelah Pindah Kantor

Updated: Dec 11, 2020


"Penyesalan resign dini selalu datang terlambat." -Kessler Executive Search

Buru-buru resign dan pindah kantor itu tidak baik! Semua sibuk cari kerja di masa sulit ini, jadi kita tidak kepikiran kalau akan ada yang pindah kerja. Bagi kita yang sulit cari kerja dan pakai jasa headhunter untuk ada di posisi sekarang, gak kebayang untuk pindah kantor.


Tentu, orang yang pindah kantor di saat begini mungkin punya alasan kuat… tapi kalau tidak? Ada yang buru-buru pindah kantor karena hal sepele atau kurang memikirkannya masak-masak.


Apapun alasannya, pindah kantor tanpa perencanaan matang umumnya berujung penyesalan. Baca di sini supaya kamu berpikir dua kali sebelum resign!

5 Penyesalan Setelah Pindah Kantor


1. Adaptasi Ulang

Semua orang yang pindah kerja, entah karena dipecat atau resign, harus cari kerja baru.


Walau mencari bidang usaha yang sama dengan posisi mirip, tetap saja itu pekerjaan baru. Perusahaan baru, gedung baru, boss baru, rekan kerja baru, dsb.


Sehebat apapun kinerja kamu sebelumnya, kamu harus beradaptasi ulang dari nol dengan aturan dan alur kerja berbeda di kantor baru.


Mungkin makan waktu berbulan-bulan sebelum kamu mengeluarkan performa kerja sebaik dulu. Ini bisa membuat kesan pertamamu bagi boss dan rekan kerja kurang baik, jadi jangan anggap enteng!


2. Belum Ada Skill Baru

Namanya pindah kerja yang kurang dipikir baik-baik, besar kemungkinan skill set kamu belum bertambah.


Di pekerjaan baru selain kesulitan adaptasi, mungkin ada skill baru yang kamu perlukan agar bisa bekerja dengan baik. Skill ini tentunya tidak bisa dipelajari instan, jadi kamu bakal repot!


Ini belum menghitung faktor bahwa tipe skill yang kamu butuhkan beda dengan yang sudah kamu asah di pekerjaan lama (misal dulu di IT, sekarang di kuliner).


Kamu bakal kagok dan menyesal karena kurang persiapan!


Baca Juga: Resign Sekarang atau Nanti? Tentukan di Sini!


3. Kehilangan Teman

Namanya kantor baru, pasti teman-temannya juga baru.


Biar kamu sudah simpan kontak teman-temanmu di perusahaan sebelumnya (nomor telepon, whatsapp, facebook, Instagram, dll), tetap saja sulit terus kontak kalau beda kantor.


Apalagi kalau metode resign kamu kurang baik (mendadak, dipecat); bakalan canggung tuh!


4. Koneksi Hilang

Mirip sama kasus teman tadi; koneksi kamu di kantor sebelumnya otomatis hilang!


Kamu gak akan bisa lagi manfaatkan koneksi lama untuk pesan katering, bangun bisnis sampingan, cover kerjaan pas sakit, hangout bareng, dsb.


Walau bukan teman dekat, tapi koneksi memungkinkan kamu mendapat banyak benefit yang cocok untuk kehidupan sehari-hari maupun karir.


Di kantor baru, kamu otomatis kehilangan itu semua karena beda kantor! Pikir baik-baik sebelum resign, atau menyesal~


5. Nggak Ada Me Time

Gabungan dari semua kekurangan tadi? Gak ada me time!


Kamu bakal sibuk beradaptasi di lingkungan baru, jalin pertemanan baru, kerja dengan metode baru, dsb. Semua itu menguras waktu dan bikin kamu gak punya waktu luang!


Kalau di perusahaan lama itu sudah lewat, tapi di kantor baru kamu harus ulangi dari awal. Waktu luangmu pun cuma cukup buat tidur!

Sekian 5 penyesalan pindah kantor! Semua hal ribet yang harus dibangun ulang bakal bikin kamu menyesal gak bertahan aja di pekerjaan lama.


Bukan berarti kamu harus stay di kerjaan lama, tapi pikir baik-baik sebelum resign- jangan sampai terbawa emosi sesaat dan menyesal kemudian!


Mau cari kerja yang klop dari awal? Hubungi Kessler Executive Search sekarang!


Sumber: brilio.net

130 views0 comments

Recent Posts

See All