Search

5 Langkah untuk Bangkit Setelah PHK


"Kessler Executive Search akan membantu kamu cari kerja setelah PHK!"

Kena PHK bikin bingung! Setelah melalui masa pandemi yang berat, banyak orang kena PHK sepihak. Karena itulah di era new normal sekarang ini, jumlah pencari kerja meningkat drastis sementara jumlah lowongan kerja tidak banyak berubah. Memang tindakan yang harus diambil oleh korban PHK adalah cari kerja baru, tapi apa bisa segampang itu?


Baca Juga: Sikap Positif Bisa Merusak? Kok Bisa!?


Apapun alasannya, kena PHK dan kehilangan mata pencaharian itu berat. Seringkali orang merasa sedih serta bingung dengan langkah hidup mereka selanjutnya. Tenang, kami akan memberi tips 5 langkah untuk bangkit setelah PHK di bawah ini!

5 Langkah untuk Bangkit Setelah PHK


1. Bersedih Dahulu

Prioritas pertama kamu adalah… bermuram durja! Lho? Eits, ini serius. Setegar apapun kamu, kena PHK itu tetap memberi dampak besar bagi masa depan. Sisihkan waktumu untuk menyendiri di kamar dan meluapkan emosi negatif seperti sedih, kaget, marah, serta tak berdaya.


Setelah puas ‘mewek’, kamu akan terbebas dari emosi negatif dan bisa berpikir jernih. Menangis, berteriak, apapun yang membuat kamu lega, asalkan tidak mengganggu sesama. Yang penting jangan lama-lama, 2-3 hari saja.


Apa kamu sering dengar atau lihat orang yang ‘mendorong’ teman/keluarga-nya yang kena PHK untuk segera bangkit saat itu juga? Mereka itu orang dengan toxic positivity yang tidak punya empati! Bersedih itu wajar, tidak boleh dipaksa pulih secara terburu-buru.


2. Menghibur Diri Kemudian

Walau sudah puas bersedih, bukan berarti kamu bisa langsung bangkit cari kerja baru. Pasti masih merasa canggung dan sulit menerima keadaan; ini wajar kok. Langkah berikutnya adalah menghibur diri!


Kamu bisa pergi makan, nonton bioskop, olah raga, main game, dll. Lakukan hal menyenangkan apapun, selama tidak banyak menguras dompet. Selain memberimu waktu pulih dari kondisi sedih, ini juga penting untuk menumbuhkan semangat esok harinya.


Seperti tahap 1, cukup 2-3 hari saja (total kurang lebih seminggu!). Bisa lebih, tapi jangan berlarut-larut ya.


3. Evaluasi Diri

Setelah bersedih dan memulihkan semangat, saatnya mulai fase awal cari kerja baru: evaluasi diri! Mungkin penyebab kamu kena PHK itu 90%-nya pandemi, tapi coba telisik sisa 10%-nya. Apa skill kamu ada yang kurang? Apa sikapmu kurang disiplin? Apa hasil kerjamu bisa lebih baik?


Bukan menyalahkan diri, tapi memilah kekurangan supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Mungkin kamu juga akan menemukan bakat terpendam!


4. Cari Bantuan

Sekali lagi, pulih dari kondisi PHK itu gak mudah. Mintalah bantuan keluarga, teman, atau kenalan untuk cari kerja baru atau sekedar memberi semangat. Yang penting mereka mau maklum dengan kondisi kamu, bukannya sok menasehati dan malah bikin down ya.


Kamu juga bisa minta bantuan Headhunter atau Recruiter. Bukan hanya soal posisi kerja, tapi juga peluang wirausaha.


5. Mulai Dari Awal

Setelah bersiap, saatnya cari kerja baru! Baik kamu ingin jadi karyawan atau wirausaha, anggap ini sebagai awal yang baru dalam karir kerjamu. Banyak-banyaklah belajar lagi dari dasar, supaya pekerjaan barumu nanti lebih baik dari sebelumnya.

Demikian tips 5 langkah untuk bangkit dari PHK! Asal kamu memberi diri sendiri waktu untuk pulih dan gak buru-buru, semua bisa diatasi! Mau kerja di kantor atau kerja dari rumah, kamu pasti bisa bangkit!


Agar lebih semangat cari kerjanya, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search. Kami akan mencarikan lowongan kerja terbaik yang cocok buatmu! Tetap semangat bekerja di masa new normal!


Sumber: kompas.com

98 views0 comments

Recent Posts

See All