Search

5 Hal Penting yang Harus Ada di CV Kamu!


"Supaya diterima HRD dan Recruiter, CV-ku harus lengkap tapi ringkas!"

Apa hal penting ini sudah ada di CV kamu? Cari kerja di masa new normal memang sulit, apalagi bagi karyawan yang jatah kerjanya dikurangi! Salah satu solusi jitu untuk mencari lowongan kerja baru yang berkualitas adalah minta bantuan Headhunter dan Recruiter, tapi CV kamu juga harus oke!


Baca Juga: Begini Caranya Minta Naik Gaji ke Boss!


Memang kemampuan lain seperti bicara dan negosiasi penting saat interview kerja, tapi CV yang bagus adalah awal dari segalanya. Kalau CV jelek, kamu bahkan gak akan sampai tahap wawancara kerja! Ikuti tips dan trik baru kami ini: 5 hal penting yang harus ada di CV kamu!

5 Hal Penting yang Harus Ada di CV Kamu!


1. Identitas Diri

Tentunya hal paling pertama yang harus ada di CV ya… identitas. Nama, umur, alamat, kewarganegaraan, dsb. Kalau gak ada ini, HRD gak kenal kamu siapa!


Yang patut diperhatikan: cantumkan hal penting yang fungsional dulu, seperti nama, alamat, e-mail, nomor telepon, dsb yang membuatmu gampang dihubungi! Ini akan memudahkan HRD untuk menawarkan lowongan kerja!


2. Riwayat Pendidikan

Hal terpenting kedua di CV tentu saja adalah riwayat pendidikanmu, mulai dari sekolah sampai kuliah. Memang sekolah bukanlah segalanya, tapi itu adalah jaminan penting agar CV-mu lolos.


Bukan karena si HRD itu jahat atau sombong, tapi sulit percaya pada orang yang tidak punya latar belakang pendidikan yang baik. Kenapa? Karena mengetes langsung makan waktu dan biaya ekstra, juga beresiko tinggi ke depannya nanti. Bayangkan kalau ribuan pelamar tak punya latar pendidikan di CV mereka, lalu HRD harus mengetes satu-satu? Urgh!


Jangan lupa: cantumkan pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar saja, misalnya SMA atau universitas di bidang akuntansi.


3. Pengalaman Kerja

Sama dengan latar pendidikan, orang yang belum punya pengalaman kerja (fresh graduate) sulit dipercaya dan mengetes mereka makan biaya lumayan.


Kalau kamu punya jejak karir yang relevan, cantumkan di CV mulai dari nama posisi, tingkatan di perusahaan, deskripsi pekerjaan, dll. Kerja magang termasuk, jadi semakin banyak tahun pengalaman, semakin baik!


4. Skill

Apa keahlian khusus yang kamu miliki? Terutama yang berhubungan dengan pekerjaan seperti desain Corel Draw, program C++, sertifikat mengajar internasional, Sim A, dsb? Cantumkan dengan jelas segala keahlianmu yang relevan di CV!


Boleh juga mencantumkan skill lain di luar bidang yang kamu lamar, tapi pastikan jangan banyak-banyak atau terlalu generik seperti ‘menulis’ atau ‘mengetik’.


5. Perkenalan Diri / Hobi / Rekomendasi

Kolom terakhir yang penting untuk CV kamu sebenarnya bebas, tapi tujuannya harus jelas. Misalnya kamu cantumkan perkenalan singkat tentang dirimu, visi misimu dalam bekerja, dll untuk menunjukkan kepercayaan diri.


Kamu juga bisa menuliskan hobimu untuk mendekatkan diri ke HRD atau boss yang mewawancara kamu. Rekomendasi dari universitas, tempat kursus, atau tempat kerja terdahulu juga bagus untuk menunjukkan kredibilitas kamu sebagai pekerja.

Sekian 5 hal penting yang harus ada di CV kamu! Tergantung jenis pekerjaan yang kamu lamar, kamu juga bisa (atau diwajibkan) menyertakan portofolio (contoh hasil kerja) berupa gambar, desain, karya tulis, dll. Tidak harus karya terbaikmu, tapi pastikan itu cukup mewakili kemampuanmu di bidang tersebut.


Supaya lebih lancar cari kerja, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search! Selain CV, jangan lupa selalu mengasah kemampuanmu, entah dari segi teknis ataupun sosial. Kami tunggu lamarannya!


Sumber: kumparan.com

168 views0 comments

Recent Posts

See All