Search

5 Ciri Karyawan yang Dicari HRD


"Kessler Executive Search ingin merekrut... KAMU!"

Aku harus gimana biar diterima HRD? Pertanyaan ini mungkin sering terngiang di benak para pencari kerja yang sibuk meminta bantuan Headhunter dan Recruiter. Kadang memang bikin kita bingung; sebenarnya kriteria karyawan yang HRD cari itu kayak gimana sih?


Walau beda-beda tergantung jenis perusahaan dan tingkat posisi yang dilamar, umumnya HRD mencari orang dengan ciri-ciri berikut. Perhatikan baik-baik, ya!

5 Ciri Karyawan yang Dicari HRD


1. Sistematis

Sebagai karyawan, kerja itu harus rapi dan terstruktur. Sejak diberi isntruksi, karyawan harus memahami hal apa yang menjadi tujuan dari tugas tersebut, lalu mencari cara terbaik untuk melakukannya.


HRD bisa melihat jelas saat interview, apakah pola pikir pelamar itu sistematis atau tidak. Bila kamu bicara dengan jelas tanpa banyak jeda atau bingung, kemungkinan kamu diterima akan meningkat!


Sebaliknya, bila kamu tidak latihan, bicara tak jelas arahnya, serta terbata-bata, HRD akan menilai kamu orang serampangan yang tidak cocok dengan budaya kantor.


2. Ramah

Tentu sikap sopan dan ramah dalam berbicara adalah kriteria penting agar diterima kerja! Cara kamu bicara dengan HRD dan karyawan lain saat interview kerja akan memberi kesan besar.


Bicaralah dengan sopan, volume suara terdengar jelas tanpa berteriak, intonasi baik dan pilihan kata rapi. HRD umumnya akan ‘memancing’ kamu dengan kata yang menyinggung, tapi sabarlah karena itu adalah ujian agar kamu tetap bersikap profesional.


Tentu sikap baik saja tidak cukup, tapi pilihan kata ramah inilah yang akan menjadi dasar pembangunan karir kamu nantinya saat diterima!


3. Percaya Diri

Wajar kalau kamu merasa gugup saat wawancara kerja, tapi kemampuan kamu untuk bertahan di bawah tekanan dan terlihat percaya diri adalah faktor penting!


Bicaralah dengan lancar tanpa terbata-bata, mata melihat lurus dan memandang HRD. Bukannya HRD cari orang yang berani mati atau apa, tapi kesanggupan kamu untuk tampil pedelah yang dinilai!


Memang gak gampang, tapi asal latihan dan istirahat cukup, HRD akan paham jerih payah kamu.


4. Open-Minded

Pekerjaan itu makin banyak jenis kategori dan tingkatan spesialisasinya, jadi wajar kalau persyaratan di lowongan kerja serta segala bentuk tesnya makin rumit.


Sejak era digital marketing saja banyak dvisi baru khusus komputer di perkuliahan, jad wajar kalau bidang usaha juga beradaptasi dan membuat banyak divisi baru sesuai tuntutan persaingan bisnis!


Makanya, banyak karyawan baru (mungkin termasuk kamu?) yang suka geger melihat kualifikasi baru dan segala istilah asingnya. Tapi jangan panik, justru ini kesempatan emas!


Baca Juga: Cara Ampuh Biar Gak Tegang Pas Interview!


Kalau berpikiran terbuka, kamu gak akan terlalu gugup menghadapai banyak bidang baru tersebut. Kamu bisa belajar soal semua itu dengan tenang dan cepat beradaptasi.


Sikap fleksibel dan cepat tanggap inilah yang sangat dihargai HRD di perusahaan manapun! Bukan berarti kamu harus ahil segala bidang, tapi mau belajar hal baru tanpa panik.


5. Fokus pada Target

Dunia kerja masa pandemi ini sering membuat karir orang belok tak tentu arah, jadi kemampuan fokus itu sangat penting.


Ada banyak kasus di mana karyawan terpaksa mengayomi 3-4 pekerjaan sekaligus. Selain kewalahan, mereka juga lupa apa fokus pekerjaan mereka.


Sebagian besar ini salah kondisi ekonomi dan perusahaan yang kurang kompeten sehingga karyawan jadi terbebani. TAPI, kamu harus tetap beradaptasi dengan fokus pada target perusahaan dan job desc utama kamu!


Itulah yang membedakan karyawan hebat dengan karyawan biasa!

Sekian 5 ciri karyawan yang dicari HRD! Memang gak gampang diterima kerja, tapi ikutilah tips di atas sehingga minimal interview kamu lancar!


Ingin cari kerja baru? Kunjungi situs Kessler Executive Search dan rasakan jasa [encarian kerja terbaik di Jakarta!


Sumber: pikiran-rakyat.com

210 views0 comments

Recent Posts

See All