Search

5 "Bahasa Cinta" Dalam Bisnis Yang Perlu Kamu Pelajari


"Headhunter dan Recruiter memiliki strategi sendiri untuk berbicara dengan kandidat mereka"


Tahukah kamu ? Ada buku menarik yang berjudul "The Five Love Languages" ​​oleh Gary Chapman. Chapman mengatakan bahwa setiap orang memiliki cara berbeda untuk mengkomunikasikan cinta mereka terhadap pasangannya, baik melalui Words of Affirmation, Quality Time, Gifts, Acts of Service, dan Physical Touch. Setiap orang berbicara bahasa cinta yang berbeda yang menentukan bagaimana mereka mengekspresikan dan mengharapkan cinta dari pasangannya masing-masing. Sebagai contohnya, pasangan kamu baru akan merasa disayang ketika kamu memberi tahu mereka bagaimana perasaan kamu terhadapnya. Kamu tahu? Berarti bahasa cinta mereka adalah Words of Affirmation. Sedangkan kamu lebih mengharapkan jika pasangan kamu dapat meluangkan waktunya untuk kamu. Dengan demikian maka bahasa cinta kamu adalah Quality Time. Nah dari sini kamu bisa lihat perbedaan bahasa cinta antara kamu dan pasanganmu. Hal ini cukup penting dalam suatu hubungan agar nantinya tidak ada kesalahpahaman di antara kalian. Kamu mungkin berbicara bahasa cinta tetapi pasangan Anda tidak memahaminya. Solusinya adalah kamu perlu mempelajari pasangan kamu berbicara bahasa cinta yang mana. Kamu mungkin berpikir, mengapa artikel ini berfokus pada hubungan cinta dan bukan hubungan bisnis? Menurut kami, hubungan kamu dengan klien atau dengan mitra bisnis sama dengan hubungan kamu dengan pasangan kamu. Kedua hal ini sama sama memiliki pemahaman akan bahasa cinta. Akan tetapi, jenis bahasa cinta yang digunakan berbeda. Kita perlu mempelajari bahasa apa yang digunakan oleh mitra bisnis kita sehingga kita dapat berkomunikasi dengan cara yang paling berharga bagi mereka. Ini kembali ke tujuan sebenarnya yang ingin dicapai oleh klien dan rekan bisnis kamu. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kamu dapat memahaminya?

Nah, jika kamu adalah entrepreneur, pemilik bisnis, ataupun kamu yang sekarang bekerja sebagai sales dan marketing di sebuah perusahaan, pastinya kamu memiliki klien bukan? Klien kamu ini biasanya mendatangi kamu untuk lebih mengenal product atau jasa yang kamu tawarkan. Nah dari tadi pasti kamu penasaran, apa saja jenis bahasa cinta di dalam bisnis bersama klien kamu? Yuk, kita bahas satu per satu ya.


A. Mendapatkan Referensi Orang-orang ini umumnya pemilik startup atau entrepreneur muda yang sedang berusaha membangun bisnis mereka sendiri, dan mereka sangat senang menerima rujukan klien ideal untuk mereka. Apabila kamu bisa membantu menemukan klien untuk mereka, kamu akan sangat disukai oleh mereka. B. Menghemat Waktu Orang-orang ini umumnya adalah pegawai kantoran atau bos-bos di satu perusahaan besar. Mereka yang sibuk ini sangat menghargai waktu mereka lebih di luar pekerjaan dan bisnis. Kemungkinan mereka memiliki beberapa minat di luar pekerjaan, seperti keluarga atau olahraga, dan tujuan mereka adalah untuk menjadi produktif dan seefisien mungkin dalam pekerjaan mereka. Mereka suka dengan apa pun yang dapat menghemat waktu mereka dan akan lebih menghargaimu jika kamu dapat berbicara to the point kepada mereka. Jelaskan kualitas dan produk kamu secara terperinci, singkat, dan jelas.

C. Connecting People Pada umumnya, orang-orang dengan bahasa cinta ini adalah orang yang suka bergaul dengan orang banyak, supel, dan suka berbicara banyak. Orang-orang ini suka menawarkan referensi dan rekomendasi kepada klien atau kolega mereka, perlu diingat, kamu juga sudah di radar mereka loh! Mereka cenderung menjadi influencer untuk membantu teman-teman dekat mereka yang kemungkinan juga memiliki bisnis atau usaha sendiri. Saran dari kami adalah coba dengarkan saja mereka apabila mereka sedang menjelaskan atau berbicara, kalau kamu bisa membantu mereka akan menjadi point plus buat mereka. D. Menambahkan Nilai Intelektual Orang-orang ini biasanya suka sekali membaca dan mencoba hal baru. Maka dari itu, mereka selalu ingin belajar lebih banyak. Mereka berupaya memaksimalkan kualitas pekerjaan mereka dari layanan yang mereka berikan. Saran dari kami adalah, pelajari mereka pada saat ini mereka sedang tertarik alamd bidang apa. Cobalah untuk memberikan buku sebagai hadiah ataupun informasi yang mungkin akurat yang berhubungan dengan bidang yang mereka sedang pelajari.

E. Hobi Dan Minat Kebanyakan seperti orang pada umumnya, bahasa cinta kali ini mengenai hal-hal yang mereka sukai seperti hobi mereka. Mungkin saja mereka suka binatang seperti anjing, kucing, ataukah mereka suka travelling, gemar bermain atau mendengarkan musik, dll. Apabila kamu juga memiliki hobi yang sama dengan mereka, cobalah untuk berbicara dengan mereka mengenai hal tersebut.


Bahasa apa yang sekarang kamu gunakan? Apa yang paling kamu minati saat ini? Bahasa apa yang digunakan oleh klien dan mitra bisnis kamu? Tujuan kamu sekarang adalah untuk menemukan mana bahasa yang mereka pakai agar mereka lebih tertarik dengan kamu dan supaya penjualanmu juga dapat berkembang pesat. Semoga berhasil ! Dikutip dari: Klien, Klien, dan Lebih Banyak Klien - Ciptakan Aliran Tanpa Akhir dari Bisnis Baru - Larina Kase, Psy.D

220 views0 comments

Recent Posts

See All