Search

4 Tanda Kamu Sudah Bekerja Dengan Baik dan Produktif


"Kessler Executive Search tahu kalau kamu adalah pekerja keras!"

Ini tanda kalau kamu sudah bekerja dengan baik! Yang namanya dunia kerja itu memeang berat untuk dijalani, terutama di masa new normal sekarang. Karena krisis ekonomi yang serius di bulan-bulan pandemi kemarin, jumlah orang yang cari kerja meningkat, sementara lowongan pekerjaan berkurang. Kamu pun jadi panik untuk berusaha cari kerja, terutama dalam menghubungi Headhunter dan Recruiter. Tapi, setelah kerja pun rasanya masih belum tenang. Kamu gak yakin apa kamu sudah bekerja dengan baik atau malah jadi beban untuk perusahaan…


Baca Juga: Apa Kamu Puas dengan Pekerjaan Sekarang? Cari tahu di sini!


Tenang, kamu gak sendiri. Merasa minder akan hasil kerja sendiri itu wajar, karena hanya pengakuan orang lain yang bisa lebih objektif. Supaya kamu gak minder dan bisa fokus kerja lagi, kami bagikan 4 tanda kalau kamu sudah bekerja dengan baik dan produktif!

4 Tanda Kamu Sudah Bekerja dengan Baik dan Produktif


1. Sering Menerima dan Memberi Masukan

Karyawan yang sudah berusaha maksimal itu, biasanya lebih dihargai dari yang lain. Bukan dari soal gaji, tapi dari respek. Kalau kamu sering diminta masukan oleh rekan kerja atau boss, mulai dari urusan kecil yang tak ada hubungannya dengan kerjaan, sampai hal besar menyangkut perusahaan... Ini berarti kamu sudah bekerja dengan baik!


Mungkin terdengar remeh, tapi di dunia kerja meminta pendapat itu umumnya hanya dilakukan kepada orang yang kemampuannya diakui. Memberi pendapat juga begitu; kalau kamu memberi masukan ke rekan kerja atau boss di sela-sela jam kerja dan mereka mendengarkan, artinya kamu sudah diakui sebagai karyawan berkualitas.


2. Diminta Pendapatnya Saat Rapat

Mirip dengan poin di atas, tapi lebih menyangkut pada rapat penting dan keputusan yang menyangkut hal penting di perusahaan. Awalnya mungkin kamu hanya ikut rapat karena ‘semua karyawan’ diwajibkan datang, tapi lama kelamaan kamu bisa bersuara.


Boss akan menanyai kamu tentang keputusan proyek, kebijakan bisnis, perubahan aturan, dan hal apapun yang menjadi topik diskusi meeting tersebut. Mungkin awalnya cuma sekali, tapi kemudian kamu ditanya lagi dua-tiga kali di rapat-rapat selanjutnya. Malah, mungkin kamu disuruh duduk tepat di depan atau di samping boss!


Sudah jelas; masukanmu dianggap penting di rapat (dan bukan hanya di keseharian kantor) karena kamu karyawan yang sudah bekerja dengan baik dan produktif!


3. Jadi Andalan Boss

Kebanyakan kita karyawan biasa pastinya merasa gugup atau takut pas ‘dipanggil boss’, karena merasa akan disalahkan atau dimarahi tentang hasil kerjaan. Tapi kalau kamu mengalami ini untuk dipuji hasil kerjanya dan bahkan sampai diberi hadiah (ditraktir makan, naik gaji, dll), mungkin kamu sudah jadi andalan si boss!


Kamu sering dipanggil boss bukan untuk diomeli, tapi untuk dipuji atau ditawari proyek dan/atau posisi baru di perusahaan. Kalau ada rapat penting di luar, boss minta kamu ikut. Kalaupun kamu gak jadi pemimpin proyek, kamu tetap dilibatkan sebagai ‘jaminan’.


Ini tandanya boss percaya kualitasmu sebagai pekerja dan menjadikanmu andalannya! Kalau bukan karena mengakui hasil kerjamu yang baik, apa lagi? Siap-siap promosi jabatan dan naik gaji~


4. Mewakili Perusahaan

Mungkin di nomor 3 tadi kamu dipercaya untuk jadi ‘tangan kanan’ boss, tapi ini tahap yang lebih tinggi: kamu dikirim boss ke luar untuk mewakili perusahaan! Caranya macam-macam, bisa jadi wakil perusahaan untuk meeting dengan perusahaan lain, me-manage kantor cabang, survey lokasi bisnis di luar negeri, dsb.


Intinya, kamulah yang diutus untuk tanggung jawab… tanpa perlu ditemani boss! Yak, tingkat kepercayaan boss ke kamu sudah begitu tingginya sampai tidak perlu ada ‘pengawas’ saat kamu di luar. Ini bukti mutlak kamu adalah karyawan yang sudah bekerja dengan baik dan diakui potensinya!

Sekian tips kami tentang 4 tanda kamu sudah bekerja dengan baik! Karir di masa new normal memang sulit, jadi jangan berkecil hati kalau kamu merasa belum diakui.


Kalau masih belum klop dengan kerjaan sekarang, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search supaya kamu dapat lowongan kerja yang benar-benar mengakui kalau kamu sudah bekerja dengan baik! Salam new normal dan karir masa depan!


Sumber: cermati.com

154 views0 comments

Recent Posts

See All