Search

4 Metode Efektif untuk Evaluasi Kinerja Karyawan


Evaluasi karyawan adalah tugas penting Headhunter.

Evaluasi karyawan perlu metode yang efektif! Karena di masa modern ini semakin banyak persaingan antara perusahaan dan masalah jarak, perlu ada metode baru dalam bekerja. Ini bukan cuma soal kemampuan dan potensi setiap karyawan, tapi juga kinerja mereka sepanjang masa kerja dari tahun ke tahun! Karena inilah semua HRD zaman sekarang harus lebih teliti dalam masa evaluasi karyawan setiap tahunnya. Sayangnya, ada 1 masalah yang sulit ditangani Headhunter, Recruiter, dan HRD: memilih metode untuk evaluasi kinerja karyawan!


Baca Juga: Apa Aplikasi Video Zoom Berbahaya untuk Bisnis?


Perlu metode tertentu untuk bisa mengevaluasi apa seorang karyawan itu produktif atau tidak. Baca 4 metode berikut ini, para HRD!


1. Evaluasi Orientasi

Sebagai Headhunter, Recruiter, atau HRD, kamu harus melihat prestasi lalu karyawan. Sejarah mereka pernah kerja di mana, mencapai penghasilan apa, dan hal lain semacam itu bisa jadi bahan pertimbangan untuk dibandingkan dengan karyawan lain.


Memang prestasi masa lalu bukan segalanya, tapi tetap jadi bahan bagus sebelum menilai aspek lain seorang karyawan.


2. Skala Penilaian

Karyawan itu harus produktif, jadi penting bagi seorang HRD untuk mencatat semua poin penting dari kinerja karyawan secara efisien! Catat segala sikap, pencapaian, dan hal-hal penting lainnya dalam bentuk table. Tentukan aspek yang ingin kamu nilai seperti sikap kerja, kecepatan kerja, dll. dalam skala 1 sampai 5 atau 1 sampai 10, lalu nilai.


Walau efektif, cara ini kadang terlalu subjektif, jadi minta pendapat orang lain juga dalam menentukan kerangka penilaiannya agar lebih objektif.


3. Krisis Penting

Sesuai namanya, metode ini menilai kinerja karyawan dari kontribusi mereka saat situasi genting di masa kerja perusahaan. Bisa saja masalah defisit, pemecatan masal, dll. Sikap dan kinerja karyawan selama masa itu akan menentukan nilai mereka.


Metode ini hebat, tapi agak ekstrim karena hanya bisa duji di saat-saat darurat. Tidak semua orang itu oportunis, jadinya bisa saja mereka malah jadi stress. Hindari memaksa memakai metode ini kalau memang tidak memungkinkan.


4. Evaluasi Lapangan

Salah satu cara yang paling lama dan paling sering digunakan… evaluasi langsung di lapangan! Ya, pihak HRd datang langsung ke tempat kerja dan mengamati karyawan saat kerja! Metode ini bagus, tapi agak terlalu bergantung pada si penguji.


Kalau si penguji tipe killer, yang ada karyawan malah takut atau gugup, sehingga kerjanya jadi kacau. Atau banyak yang kerja serius karena takut, bukannya karena rajin. Yang lebih parah, bisa saja karyawan cuma pura-pura rajin pas kunjungan! Hati-hati memakainya.


Demikian 4 metode anjuran kami untuk evaluasi kinerja karyawan! Kalau perlu bantuan cari kerja, cukup hubungi Kessler Executive Search! Kirim CV dan Resume kamu ke sini untuk menemukan jenjang karir baru! Tetap produktif bekerja ya!


Sumber: finansialku.com

66 views0 comments

Recent Posts

See All