Search

10 Tips Tetap Produktif saat Kerja Dari Rumah (WFH)

Updated: Apr 21, 2020


"Headhunter sudah cariin kamu kerja online yang bagus, kan? Yang rajin atau kucakar!"

Kerja dari Rumah (WFH) juga tetap bisa produktif! Karena wabah Virus Corona atau Covid-19 yang menggemparkan dunia, semua jadi sulit. Kita harus tinggal di rumah aja agar tidak beresiko tertular atau menularkan penyakit, yang akibatnya menimbulkan banyak masalah. Masalah kesehatan dan tenaga medis sih sudah pasti, tapi yang lebih gawat adalah masalah pekerjaan dan karir. Karena harus di rumah aja, semua perusahaan menetapkan kebijakan ‘kerja dari rumah’ (WFH atau Work From Home) agar orang-orang tetap bisa bekerja dan mendapat gaji. Banyak juga yang ganti jenjang karir ke kerja online jadi bisa tinggal di rumah sambil bekerja; entah cari kerja sendiri atau pakai layanan HeadHunter.


Tapi yah, kerja dari rumah memang gampang bikin kita malas karena tidak ada pengawasan boss, apalagi kalau belum terbiasa kerja online. Berikut kami bagi 10 tips agar tetap produktif selama WFH!


10 Tips Tetap Produktif saat WFH


1. Siapkan Ruang Kerja

Kamu bakal melaksanakan kegiatan ‘kerja dari rumah’ ini selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, jadi segala sesuatunya harus siap. Pilih kamar kerja yang minim gangguan, tata meja dan kursi, siapkan juga alat tulis, dokumen, dll. agar pekerjaan lancar.


2. Komunikasi Dengan Keluarga

Dulunya mungkin kamu itu pekerja kantoran, tapi saat ini kamu harus tetap di rumah aja untuk waktu lama. Beritahu keluarga agar mereka paham situasinya dan tidak mengganggumu saat kerja, terutama para anak-anak!


3. Tetapkan Jadwal

Supaya bisa produktif, tetapkan jadwal kerja harianmu. Bagi waktu untuk kerja, untuk makan, dan untuk istirahat dengan seimbang. Pastikan jadwal ini selalu tetap, supaya kamu tidak seenaknya mengubah jadwal dan jadi gak produktif.


4. Koordinasi Pekerjaan Rumah

Kerja dari rumah bukan berarti menyerahkan semua tugas rumah seperti memasak, menyapu, mencuci, dll ke istri/suami, pembantu, atau anak ya. Bagi tugas masing-masing, dan atur supaya kamu dapat tugas di luar jam kerja supaya tetap produktif!


5. Jaga Kebersihan

Nah ya, yang suka gak mandi angkat tangan! Saat kerja dari rumah, kamu harus rajin mandi dan cuci tangan. Bukan cuma untuk menghindari virus Corona, tapi juga supaya tetap aktif dan produktif.


6. Bersikap Profesional

Kelanjutan dari di atas, meski kerja dari rumah kamu harus tetap profesional. Pakai bahasa formal saat mengirim pesan atau menelpon rekan kerja. Saat video call, pastikan kamu sudah mandi, pakai kemeja rapi, dsb supaya tampak baik di depan boss dan klien.


7. Jangan Malas!

Jangan lantas nonton TV terus sambil ngemil mentang-mentang kerjaan sudah beres. Lakukan hal yang lebih produktif seperti menyiapkan pekerjaan besok, baca buku pengembangan diri, atau menekuni hobi seperti merajut. Banyak gerak!


8. Hidup Sehat

Tinggal di rumah aja tiap hari memang gampang bikin gemuk, jadi pastikan kamu banyak makan buah dan sayur supaya tetap sehat.


9. Saling Menyemangati

Kasus Covid-19 ini memang sangat membatasi hidup kita, tapi jangan sedih ya. Banyak-banyaklah ngobrol atau bermain dengan keluarga, teman, juga rekan kerja supaya tetap semangat!


10. Istirahat di Rumah

Kalau sudah puas kerja dan menekuni hobi, pastikan istirahat yang benar! Jangan begadang tanpa alasan, ya.


Demikian 10 tips kami untuk tetap produktif saat kerja dari rumah! Kalau perlu bantuan rekrutmen di masa krisis ini, kirim CV dan Resume ke sini! Kessler Recruitment akan membantu kamu mencari jenjang karir baru! Tetap di rumah aja dan tingkatkan kualitas kerja supaya bisa lolos rekrutmen!


Source: liputan6.com,idntimes.com

62 views0 comments

Recent Posts

See All