Search

10 Kualitas Pelamar Kerja yang Dicari HRD saat Interview

Updated: Apr 14, 2020


MELOTOT

Manajer HRD selalu sibuk mencari pelamar kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Prosesnya selalu sama: mencari karyawan berkualitas, lalu mengundang mereka untuk interview kerja. Tentu saja, kenyataannya gak segampang itu. Salah sedikit saja bagian HRD bisa kena omel dari atasan, karena proses rekrutmen ini memakan banyak waktu dan uang! Makanya kalau mengirim lamaran kerja, syaratnya seolah dipersulit. Terus pas interview, rasanya kok si Manajer HRD melotot terus ke kamu? Hiiy!


Bukannya si manajer HRD itu punya dendam atau apa, tapi dia perlu memastikan kalau kamu memang karyawan berkualitas yang cocok di perusahaan itu. Entah apa kamu pakai jasa Headhunter atau cari kerja sendiri, pastikan bersiap-siap memberi kesan baik ke HRD. Caranya dengan menonjolkan kualitas penting yang mereka butuhkan! Apa saja? Yuk lihat di bawah!


1. Sehat

Jelas ya, perusahaan gak mau repot-repot memperkerjakan orang yang lagi sakit. Kalau merasa gak enak badan, coba atur ulang jadwal interviewnya setelah kamu sembuh.


2. Rapi

Begitu masuk ke ruang interview, para anggota HRD bakal memeriksa penampilan kamu. Kalau baju kamu formal, rapi, rambut tersisir, sepatu mengkilat… bakal dapat nilai plus! Kalau pas interview saja gak bisa rapi, bagaimana nanti pas diterima kerja?


3. Berani

Jawab semua pertanyaan HRD dengan baik dan jelas. Kamu pastinya merasa gugup, tapi tahan dulu ya?


4. Sabar

Jangan buru-buru mau selesai; tetap sabar walau interview-nya berjalan lama atau HRD bertanya hal yang bikin gak enak hati. Kemampuan mengatasi tekanan itu penting untuk kerja di manapun!


5. Bisa Dipercaya

Pastikan jangan bohong dan tegaskan kalau kamu bisa jaga rahasia perusahaan. Kepercayaan itu mahal!


6. Ambisius

Kalau mau sukses, perusahaan gak boleh cepat puas. Mereka harus terus berusaha jadi lebih baik, jadi kamu juga harus begitu!


7. Kerja Sama Tim

Sehebat apapun kemampuan kamu, tetap saja kerjaan di perusahaan gak bisa diselesain sendiri. Tunjukkan kalau kamu siap menuruti perintah Boss dan mau bekerja sama dengan karyawan lain.


8. Bisa Beradaptasi

Setiap perusahaan memang budaya kerjanya beda, tapi HRD itu paling anti harus memandu setiap karyawan baru buat menjelaskannya (makan waktu banget!). Pastikan kamu bisa cepat mengerti dan mengikuti cara kerja perusahaan, supaya HRD menaruh kesan baik padamu.


9. Multi-Tasking

Yang namanya perusahaan pasti punya banyak kerjaan, jadi kamu harus bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Mau kerjain satu-satu ok aja, tapi selesaikan semua sebelum deadline!


10. Sifat Positif

Banyak senyum! Walau sudah punya 9 poin sebelumnya, percuma kalau kamu orangnya cemberut terus. HRD tahu sikap negatif itu menular dan gak baik untuk perusahaan, jadi pastikan kamu terlihat sebagai orang yang positif dan membawa pengaruh baik!


Demikianlah 10 kualitas karyawan terbaik yang HRD cari dari pelamar kerja seperti kamu! Kalau masih butuh tips untuk interview kerja atau cari kerja, hubungi kami! Serahkan CV dan Resume kamu di sini, maka kami membantu menemukan jalan karir yang tepat untukmu. Berjuang, guys!


Sumber: beritasatu.com,tribunnews.com,indiatimes.com

261 views0 comments

Recent Posts

See All