Search

10 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Menurut HRD


Kerja itu harusnya menyenangkan seperti ini!

Kepuasan kerja atau kebahagiaan karyawan memang sudah jarang ada di perusahaan zaman

sekarang. Menjamin kebahagiaan karyawan itu harusnya tugas boss, tapi banyak yang lupa atau gak peduli. Bagian HRD juga berperan untuk memastikan karyawan bisa berbaur di lungkungan perusahaan dan merasa nyaman, yang dimulai sejak proses lamaran kerja. Tapi yah, memang banyak faktor yang menetukan apa seorang karyawan itu bakal dapat kepuasan kerja atau tidak. Jenjang karir yang panjang tidak selalu menjamin kebahagiaan karyawan ada di ujung sana!

Karena itu, kami mengumpulkan 10 faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja menurut HRD di bawah ini! Baca baik-baik bareng rekan kerja HRD dan teman kerja lainnya, yah!


10 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Menurut HRD


1. Apresiasi Kerja

Kerja itu bukan cuma soal gaji, tapi juga penghargaan! Kalau karyawan bekerja dengan baik, jangan ragu untuk memuji atau sekali-sekali mengajak makan-makan. Bukan soal uang atau makanan, tapi tanda kalau kamu menghargai usaha mereka.


2. Hubungan Kerja Baik dengan Rekan Kerja

Kalau lingkungan kerja tidak baik, karyawan tidak akan merasa nyaman! Pastikan tidak ada biang gosip atau sejenisnya. Kalau ada yang bertengkar, bicaralah baik-baik dengan mereka agar berdamai. Hubungan kerja itu harus sehat!


3. Hubungan Kerja Baik dengan Atasan

Hubungan kerja yang baik itu juga mencakup boss dan manajer! Pastikan bersikap adil, memuji sesuai waktunya, dan mendengarkan keluh kesah mereka. Perlakukan semua bawahan dengan baik!


4. Keseimbangan Kerja dan Kehidupan Pribadi

Karyawan itu paling anti yang namanya lembur terus. Pastikan jadwal kerja tiap karyawan tidak terlalu padat, supaya mereka punya cukup waktu untuk menemani keluarga dan beristirahat.


5. Kondisi Keuangan Perusahaan

Perusahaan sedikit banyak akan mempengaruhi jenjang karir karyawan, jadi keuangannya harus stabil! Pastikan karyawan tahu apa saja manfaat yang bisa diberikan perusahaan, supaya mereka tenang.


6. Pengembangan Karir

Seperti poin di atas, perusahaan itu selain perlu stabilitas, juga harus bisa mengembangkan karyawannya! Berikan pekerjaan yang menantang, berikan kesempatan untuk mencoba tugas baru, selama tidak terlalu membebani jam kerja. Pengalaman itu akan jadi sangat berharga bagi karyawan!


7. Keamanan Kerja

Gak ada yang mau dipecat mendadak, kan? Pastikan kamu punya program yang bisa menjamin kesejahteraan karyawan saat ada masalah seperti uang pensiun, tunjangan kecelakaan, dsb.


8. Gaji Tetap dan Bonus

Gaji tetap dan aneka bonus itu penting agar karyawan bersemangat. Selain jumlah gaji yang sesuai, berikan pula aneka tunjangan seperti izin memakai fasilitas premium seperti gym, bar, restoran, dsb. Diskon untuk belanja keluarga juga pilihan yang bagus, lho!


9. Detil Kerja yang Menarik

Pekerjaan itu bukan hanya satu arah saja, tapi bisa mengacu ke banyak hal lain. Misalnya saja penulis mungkin kegiatan utamanya menulis sambal duduk di meja, tapi kadang dia harus ikut reporter untuk mengumpulkan bahan tulisan di lokasi kejadian! Kejutan seperti ini membuat setiap pekerjaan jadi lebih menarik dan memberi kepuasan kerja!


10. Nilai-Nilai Perusahaan

Nilai perusahaan seperti visi dan misi itu harus dijunjung tinggi oleh boss, manajer, dan semua karyawan. Jangan sampai melanggar dan memberi contoh buruk, karena itu akan membuat karyawan jadi tidak respek pada pekerjaannya. Bagi karyawan, bekerja di perusahaan bergengsi yang punya prinsip kuat akan membuatnya bangga dan merasakan kepuasan kerja!


Demikianlah 10 faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja menurut HRD dari kami! Kirim CV dan Resume kamu ke sini untuk kesempatan mencari jenjang karir yang penuh kepuasan kerja bersama kami! Jangan lupa jadi boss yang baik biar karyawan pada betah, ya!


Sumber: forbes.com

83 views0 comments

Recent Posts

See All