Search

10 Ciri Kantor yang Bikin Betah dan Nyaman!


"Tempat kerja nyaman adalah prioritas Kessler Executive Search dalam mencarikan kamu kerja."

Pengen lama-lama di kantor? Karyawan itu sering alergi mendengar kata ‘kantor’ atau ‘perusahaan’. Bukannya karena gak mau kerja (sibuk cari kerja pakai jasa Headhunter dan Recruiter!), tapi karena kebanyakan kantor itu gak nyaman!


Baca Juga: Sistem Work From Home untuk Perusahaan Kamu!


Entah karena gedung bobrok atau atasan pemarah, karyawan buru-buru pulang habis kerja. Lantas, ciri kantor yang bikin betah dan nyaman itu kayak gimana? Baca daftar kami di bawah…

10 Ciri Kantor yang Bikin Betah dan Nyaman!


1. Ruangan Bersih

Hal utama yang bikin kantor nyaman yah kebersihan! Noda di lantai, tembok kusam, serta sampah berserakan bisa bikin karyawan sakit.


Kalau gedungnya bobrok, renovasi atau pindah. Bersihkan rutin dengan divisi cleaning service, terus buat aturan kebersihan.


2. Lokasi Strategis

Lokasi kantor jauh atau terjepit keramaian akan membuat karyawan sulit konsentrasi. Memang sulit mencari lokasi yang bagus, tapi minimal cari daerah yang cukup tenang.


Lokasi dengan bunyi perusahaan konstruksi, lalu lalang orang pasar, serta kemacetan padat rutin harus dihindari!


3. Fasilitas Memadai

Fasilitas yang disediakan kantor itu agar karyawan bisa bekerja, bukan karena boss mau. Sediakan meja dan kursi yang cukup, lalu AC atau kipas angin untuk ventilasi udara.


Siapkan juga peralatan sehari-hari seperti termos, galon air, kulkas, alat makan, dsb agar karyawan merasa nyaman.


Yang penting, jangan sampai ada pinjam-pinjam peralatan karena kantor tidak menyediakan!


4. Lingkungan Kerja Asri

Mirip seperti lokasi, tapi ini soal alamnya. Pastikan kantor dikelilingi cukup alam hijau seperti pohon dan rumput, serta tidak banyak kena asap kendaraan atau debu pabrik.


Kalau alam sekitar kurang mendukung, buatlah taman di lantai dasar kantor atau taruh pot tanaman di ruang kerja. Selain menjernihkan udara, juga mengurangi stress karyawan.


5. Keamanan Terjamin

Keselamatan karyawan nomor 1! Pastikan tidak ada cacat dalam struktur bangunan, juga memakai sistem kemanan lengkap dengan satpam.


Pasang CCTV, kunci sidik jari, dsb sesuai keperluan kantor. Jangan lupa untuk membuat aturan yang cocok, agar karyawan tidak terbebani karenanya.


6. Boss Tidak Otoriter

Di luar urusan gedung kantor, faktor nomor 1 stress karyawan adalah boss buruk! Kalau ada atasan atau manajer yang seenaknya, disiplinkan!


Kalau ternyata kamu sendiri sebagai CEO? Perbaiki sikap ya, kalau gak pada resign loh!


7. Suasana Hangat

Kalau tidak ada tekanan dari boss atau politik kantor, interaksi sesama pegawai akan harmonis. Tidak perlu pura-pura senyum atau menyapa, semua terjadi alami!


8. Bebas Berpendapat

Sisi lain dari buruknya kepimpinan perusahaan adalah tidak ada kebebasan berpendapat! Kalau hanya ide si boss yang dipakai, kritik diancam pemecatan, dsb, itu kantor neraka!


Pastikan kritik boleh diajukan bebas, selama profesional dan tanpa umpatan. Ide karyawan didengar dan dipakai selama bagus dan memungkinkan, tanpa bias pada manajer atau boss.


9. Manajemen Rapi

Manajemen memang terjadi di balik layar, tapi berpengaruh besar pada karyawan! Kalau misalnya proses registrasi BPJS saja lama dan saling lempar tanggung jawab, gimana soal kerja?


10. Persaingan Sehat

Faktor lain agar karyawan betah kerja adalah persaingan sehat! Ciptakan lingkungan yang baik dan ramah, melarang kecurangan, serta menghargai usaha keras.


Karyawan akan bersaing dengan adil tanpa sikut-sikutan atau main politik kantor, yang berefek membuat mereka betah kerja dan meningkatkan omset perusahaan! Win-win!

Sekian 10 ciri kantor yang bikin betah kerja! Kantor itu rumah kedua pegawai, jadi jangan sampai mereka merasa terancam di dalamnya!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja dengan kantor paling nyaman! Jaga kesehatan saat kerja, friends!


Sumber: merdeka.com, liputan6.com

70 views0 comments

Recent Posts

See All